Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Peningkatan Daya Saing SDM Dan Inovasi Daerah Jadi Prioritas

Minggu 24-03-2024,14:00 WIB
Reporter : Fajar
Editor : Nurohman

RADAR TASIK TV - Pemerintah kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kabupaten Tasikmalaya, pada Kamis 21 maret 2024, berlokasi di Aula Serbaguna Pendopo Baru, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Musrenbang RKPD pada tahun 2025 mengambil tema, pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya saing dan inovasi daerah.

Dimana pemerintah kabupaten Tasikmalaya akan berfokus pada peningkatan kualitas sdm dan menggali inovasi daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan musrenbang dibuka oleh sekretaris daerah (SEKDA) kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, yang dalam hal ini mewakili Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Dalam sambutannya, Mohamad Zen mengatakan, penyelenggaraan musrenbang hari ini merupakan salah satu proses tahapan yang wajib ditempuh dalam mekanisme penyusunan RKPD, sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional berikut peraturan pelaksanaannya.

Musrenbang ini juga sangat monumental dan menjadi tonggak rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) kabupaten Tasikmalaya tahun 2025-2045.

Dalam rangka mengawali penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2025 ini, menurut Zen ada beberapa hal yang perlu disampaikan untuk menjadi perhatian bersama, diantaranya yakni transisi dokumen perencanaan, dimana tahun 2025 menjadi tahun penting karena merupakan awal periode rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2025-2029 bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada 2024 secara serentak di seluruh indonesia. 

Sekaligus merupakan tahun transisi rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) kabupaten Tasikmalaya tahun 2025-2045.

Zen juga menambahkan, musrenbang ini merupakan forum antar pemangku kepentingan yang bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran terhadap RKPD kabupaten Tasikmalaya, sehingga terwujudnya perencanaan pembangunan yang ekslusif dan berkualitas.

Untuk itu perlu sinergitas dan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk melanjutkan pembangunan yang telah dirintis.

BACA JUGA:Bupati Apresiasi Pelaksanaan Ramadhan Fair 2024 Tasikmalaya, Tahun Depan Lebih Meriah

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

 

Kategori :