Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik Jelang Idul Adha, Beras Dan Sayuran Melonjak Paling Signifikan

Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik Jelang Idul Adha, Beras Dan Sayuran Melonjak Paling Signifikan

Sejumlah Bahan Pokok Naik Jelang Idul Adha, Harga Beras Dan Sayuran Melonjak Naik - Fajar--

RADAR TASIK TV - Jelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah bahan pokok, seperti beras, telur, cabe, hingga bawang, di pasar tradisional daerah Kabupaten Tasikmalaya, mengalami lonjakan signifikan.

Harga beras menyentuh angka 12 ribu 500 per kilo untuk kualitas sedang, dan 15 ribu rupiah untuk beras dengan kualitas premium, sedangkan untuk harga telur ayam yang semula 22 ribu per kilogram, sekarang menyentuh angka 30 ribu per kilonya.

Salah seorang pedagang beras di Pasar Singaparna, Jejen, menjelaskan, kenaikan harga ini diakibatkan oleh pasokan dari petani berkurang, imbas para petani mengalami gagal panen akibat cuaca buruk, yang menerjang tasikmalaya akhir-akhir ini.

Jejen juga mengaku, akibat harga yang naik ini omset dagangannya berkurang cukup signifikan.

“Ya ini untuk harga beras di pasar mengalami kenaikan dari mulai 12 sekarang menjadi 15 ribu, karena bahan baku sudah menipis dan beberapa petani mengalami gagal panen, harga telur juga disini sekitar.” ujar Jejen.

BACA JUGA:Geoffrey Moncada Terbang ke London untuk Bawa Armando Broja ke AC Milan

BACA JUGA:11 Ribu Anak Berisiko Stunting, Polres Tasikmalaya Bergerak Bagikan Sembako dan Vitamin

Sementara itu, Ajmi, salah seorang pedagang sayuran di pasar Rajapolah menyebut, kenaikan harga juga dialami oleh beberapa jenis sayuran, seperti cabe rawit, cabe ijo hingga wortel mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Cabe rawit yang semula di harga 35 ribu rupiah per kilonya, sekarang pedang terpaksa harus menjual dengan harga 50 ribu rupiah per kilonya. Cabe ijo yang semula 20 ribu per kilo sekarang menjadi 35 ribu rupiah perkilonya.

“Cabe merah cabe ijo, wortel timun leunca semuanya pada naik, cabe merah yang awalnya 35 ribu perkilo sekarang jadi 50 ribu perkilo, cabe ijo dari 20 dan 35 perkilo, wortel dari 14 ribu jadi 20 ribu.” ujar Ajmi.

Kenaikan harga ini, imbas terganggunya pasokan dari para distributor akibat gagalnya panen para petani di daerah, setelah diterjang oleh kondisi cuaca yang tidak menentu selama sebulan terakhir.

 BACA JUGA:Cara Membuat Iga Bakar Saus Madu untuk Hidangan Spesial Hari Raya Idul Adha

BACA JUGA:Jumlah Orang Berkurban Sapi Di Banjar Menurun Lima Persen, Ada Apa?

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: