Bisakah Berpuasa dari Media Sosial? Kenali Istilah Detoksifikasi Digital Yang Dapat Mengubah Pikiran Anda

Bisakah Berpuasa dari Media Sosial? Kenali Istilah Detoksifikasi Digital Yang Dapat Mengubah Pikiran Anda

Bisakah Berpuasa dari Media Sosial? Kenali Istilah Detoksifikasi Digital Yang Dapat Mengubah Pikiran Anda (Foto by Freepik)--

RADARTASIKTV.ID-  Dalam era digital yang serba cepat ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari pagi hingga malam, kita terus terhubung, menggulir, menyukai, dan berbagi konten.

Meskipun media sosial memberikan banyak manfaat, seperti koneksi dengan orang lain dan akses informasi, penggunaan yang berlebihan dapat membawa dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik kita.

Salah satu solusi yang semakin populer adalah "detoksifikasi digital" atau berpuasa dari media sosial.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Memahami Label Nutrisi! Tips Praktis Memilih Makanan Sehat Dan Menghindari Perangkap Label

BACA JUGA:Mau Tau Efek Buruk Dari Main Ponsel Sambil Tiduran? Ternyata Jika Dibiasakan Dampaknya Bikin Fatal

Kenali apa itu Detoksifikasi Digital?

Detoksifikasi digital adalah tindakan mengurangi atau sepenuhnya menghentikan penggunaan perangkat digital dan platform media sosial untuk jangka waktu tertentu.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan keseimbangan dalam hidup, mengurangi stres, dan memungkinkan pikiran untuk beristirahat dari stimulus yang terus-menerus.

Dalam hal ini, media sosial berdampak pada kimia otak, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat mempengaruhi kimia otak kita, terutama dalam hal produksi dopamin, hormon yang berperan dalam rasa senang dan kepuasan.

Setiap kali kita mendapatkan "like" atau notifikasi, otak kita melepaskan dopamin, yang mendorong perilaku untuk terus terhubung dan mencari validasi sosial. Efek ini mirip dengan mekanisme yang terjadi pada kecanduan, seperti kecanduan judi atau narkoba.

Namun, terus-menerus terpapar media sosial juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan perasaan tidak puas, terutama ketika kita mulai membandingkan diri kita dengan orang lain.

Terlebih lagi, konsumsi konten yang tak henti-hentinya membuat otak kita bekerja secara berlebihan, memicu stres dan kelelahan mental.

Berpuasa dari media sosial dapat memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut ini adalah manfaat dari detoksifikasi digital:

BACA JUGA:Sering sesak Napas Pas lari ? Begini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: