Sering Muncul Sariawan Tiba-Tiba? Ternyata ini Penyebabnya

Sering Muncul Sariawan Tiba-Tiba? Ternyata ini Penyebabnya

Sering Muncul Sariawan Tiba-Tiba? Ternyata ini Penyebabnya! (foto by pinterest)--

RADARTASIKTV - Sariawan Terkadang Sering Muncul Tiba-tiba yang Sakitnya Menjadi Menggangu Ketika Makan Atau Berbicara Akibat Rasa Perih di Mulut

Sariwan merupakan kondisi masalah gusi dan mulut yang sering terjadi, rasa nyeri ataupun perih akibat sariawan merupakan hal yang mengganggu sehingga membuat bad mood untuk makan.

Salah satu faktor mengapa sariawan sering terjadi karena memiliki banyak penyebab, bukan hanya karena tergigit sariawan bisa terjadi namun ada hal yang belum diketahui penyebab lainnya.

BACA JUGA:Menguak Khasiat Ajaib Daun Dadap, Pengobatan Tradisional yang Punya Segudang Khasiat

BACA JUGA:Meskipun Sama-sama Mengandung Protein, Tapi Ternyata Setiap Telur Memiliki Beda Kandungan, Yuk Simak

Banyak orang yang mengalami sariawan menjadi masalah ketika sedang berbicara, makan ataupun yang lainnya karena rasa perih akibat sariawan tersebut, untuk mencegah kemunculan sariawan secara terus menerus maka harus mengenali penyebabnya.

Penyebab Anda Sering Sariawan

Sariawan adalah luka yang terbuka dan peradangan pada jaringan lunak terletak di sekitar mulut, seperti gusi, lidah, pipi, dan langit-langit mulut.

Kemunculan sariawan memang tidak berbahaya namun hal tersebut bisa membuat rasa tidak nyaman untuk kita dan untung nya sariawan tidak menular seperti herpes.

Oleh karena itu penting juga untuk mengetahui penyebab-penyebab muncul nya sariawan sehingga kita bisa menghindarinya. Berikut beberapa penyebnya :

BACA JUGA:Sering Sakit Perut Saat Haid? Jangan Khawatir Lakukan 7 Cara Untuk Mengatasi Nyeri Saat Haid

BACA JUGA:Tips Merawat Kulit Bekas Luka Mpox, Jangan Lakukan ini Jika Tidak Ingin Bertambah Parah

1. Sikat Gigi Terlalu Keras

Perlu kita ketahui juga menggosok gigi terlalu keras mengakibatkan resiko kerusakan jaringan lunak di sekitar mulut, ketika jaringan lunak itu terluka maka akan menyebabkan sariawan muncul.

Perlunya memperhatikan ketika sedang menggosok gigi yang baik dan benar jangan terlalu keras agar terhindar dari sariawan.

Tak hanya itu kita juga harus menghindari pasta gigi yang yang mengandung sodium lauryl Sulfate (SLS) ketika sariawan, karena bahan tersebut membuat iritasi semakin parah.

2. Pemakaian Kawat Gigi

Bagi yang memasang kawat gigi pasti memiliki efek samping salah satunya pemicu datang nya sariawan, sariawan yang terjadi karena pemasangan behel karena adanya pergesekan kawat gigi di bagian dalam pipi, gusi dan juga lidah.

Terkadang kondisi ini sering terjadi saat pertama pemasangan behel, selain karena terluka hal tersebit juga bisa mengakibatkan peradangan di jaringan lunak di sekitar mulut menganggap behel sebagai benda asing.

BACA JUGA:Industri Jasa Keuangan di Priangan Timur Tumbuh Positif, Aset Perbankan Pada Juni 2024 Meningkat 3,89 Persen

BACA JUGA:8 Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam, Cukup Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

3. Mulut Kering

Mulut yang kering tak hanya mengakibatkan bau mulut saja namun bisa menyebabkan timbul nya sariawan, saat produksi air liur berkurang maka lebih rentan iritasi dan juga luka akibat kurangnya pelumas alami.

Perlu kita ketahui mulut yang kering bisa menjadi tempat perkembangan bakteri dan jamur akibatnya memicu peradangan yang dapat menyebabkan sariawan.

Hal tersebut bisa di cegah dengan mengkonsumsi larutan yang mencegah panas dalam yang mengandung mineral alami, seperti Gypsum fibrosum dan calcitum.

Nah kandungan tersebut mampu mengatasi tenggorokan kering, bibir pecah-pecah dan sariawan, jadi jika kita membiarkan mulut kering dengan sering maka sariawan akan mudah muncul.

4. Kekurangan Vitamin

Laman Better Health menyebutkan bahwa kekurangan vitamin dan zat besi bisa menajadi salah satu penyebab sariawan sering kali muncul.

Maka dari itu untuk mencegah sariawan muncul kita harus memenuhi kebutuhan gizi, termasuk vitamin yang mampu mencegah sariawan contohnya vitamin B kompleks, seperti niasin, asam solfat dan kobalamin.

5. Makanan Terlalu Pedas atau Asam

Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam tak hanya tidak baik bagi pencernaan namun juga dapat menjadi faktor muncul nya sariawan.

Bagi anda yang suka makanan pedas ataupun asam alangkah baik nya jangan terlalu mengkonsumsi secara berlebihan karena makanan tersebut dapat memicu iritasi pada sekitar jaringan lunak mulut yang akhirnya mengakibatkan sariawan.

Oleh karena itu pilih lah makan yang sehat-sehat agar tercegah dari penyakit-penyakit lain seperti munculnya sariawan, untuk itu ketika kita sudah mengkonsumsi makanan yang pedas yang banya atau asam maka pilihlah larutan yang tepat seperti panas dalam.

Didalam larutan panas dalam ini terdapat kandungan batu mineral alami terdiri dari kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk meredakan panas dalam.

Nah itu bebrapa penyebab munculnya sariawan di mulut yang membuat tidak nyaman sehingga seringkali menyebakan malas nya untuk makan, susah ketika berbicara ataupun rasa sakit atau perih yang terasa.

Pahami beberapa penyebab sariawan diatas agar lebih memeperhatikan kesehatan kita seperti sariawan, ketika sariawan tersebut tidak sembuh-sembuh maka di di sarankan untuk cek langsung ke dokter agar lebih jelas penyebab nya.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: