Stop Berulang-ulang Menghangatkan Makanan, Ternyata Bisa Menjadi Racun

Stop Berulang-ulang Menghangatkan Makanan, Ternyata Bisa Menjadi Racun

Bahaya Makanan yang Sering di Hangatkan, Ternyata Bisa Menjadi Racun! (foto by pinterest)--

RADARTASIKTV.ID - Dalam Setiap Makanan yang dimasak Alangkah Baiknya Jika Langsung Habis dan Jangan Sampai Untuk Memasaknya Kembali Agar Terhindar dari Penyakit.

Perlu kita ketahui bahwa dalam memasak makanan juga ada aturan sendiri agar masakan yang di olah lebih sehat dan bernutrisi baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagian orang mungkin ada yang belum tahu bahaya menghangatkan makanan sisa karena hal tersebut di bilang lebih praktis daripada memasak makanan yang baru.

BACA JUGA:Dear Perempuan, Stop Merokok Jika Tidak Ingin Terkena 5 Penyakit Ini, Berikut Penjelasannya.

BACA JUGA:Bingung Dengan Masalah Ketombe? Ini Cara Alami Mengatasi ketombe Membandel

Namun sebenarnya menghangatkan makanan lebih dari satu kali dapat memicu masalah kesehatan tubuh, dan tidak semua jenis makanan bisa di hangatkan kembali.

Maka dari itu agar kesehatan tubuh kita tetap sehat hindarilah memakan masakan yang di hangatkan lebih dari satu kali, jika ingin kesehatan tubuh tetap terjaga.

Nah perlu kita ketahui juga ada beberapa macam makanan yang ketika di hangatkan kembali bisa menghasilkan zat racun bahkan bisa  membahayakan kesehatan tubuh.

Menurut Ahli Nutrisi Lokendra Tomara "Tidak semua jenis makanan dapat dipanaskan ulang, terutama makanan yang memiliki kandungan protein tinggi".

Tak hanya itu bahaya makanan yang dihangatkan lebih dari satu kali mampu mengubah zat makanan menjadi karsinogenik yang mampu memicu penyakit sel kanker.

pada umumnya makanan yang telah di panaskan sudah melalui proses pemanasan yang pertama setelah itu pendinginan contohnya dari kulkas dan kembali dipanaskan.

Nah disaat tahap pendinginan itu ada kemungkinan bakteri yang berkembang biak dengan mudah, dan kemudian menjadi kebal disaat memasuki proses pemanasan yang kurang tepat.

BACA JUGA:Sering Sakit Perut Saat Haid? Jangan Khawatir Lakukan 7 Cara Untuk Mengatasi Nyeri Saat Haid

BACA JUGA:Bagikan 1.100 Sembako Bagi Warga Indihiang, Gandara Group Komitmen Bantu Ringankan Beban Lansia

Jika makanan dalam wadah tertutup yang disimpan di bawah suhu 4 derajat celcius jika ingin dipanaskan kembali pastikan suhunya mencapai 70-80 derajat celcius, karena jika makanan yang dipanaskan melebihi suhu 70-80 derajat celcius maka kandungan gizinya akan rusak.

Berikut Beberapa Makanan yang Tidak Boleh dihangatkan Kembali:

1. Sayuran Hijau

Mungkin semua orang sudah tahu semua jenis makanan hujau ini yang tidak boleh dihangatkan kembali seperti bayam, kangkung, seledri, lobak, wortel, yang memiliki kandungan nitrat tinggi.

Sayuran yang kaya akan nitrat ketika dipanaskan berulang kali maka bisa menjadi racun, dikarenakan melepaskan karsinogenik yang bersifat kanker.

sayuran hijau juga ketika dihangatkan berulang kali dapat mengoksidasi kandungan zat besi, oksidasi zat besi yang menghasilkan radikal bebas berbahaya dapat memicu sebagai sumber penyakit.

2. Nasi

Menurut Badan Standar Makanan Inggris (FSA) nasi yang dihangatkan kembali lebih dari satu kali bisa menjadi racun, jika terlalu lama menyimpan nasi dapat mengundang pertumbuhan bakteri Bacillus Cereus yang mengasilkan spora beracun.

Tidak cuman itu nasi yang sudah dipanaskan dan didiamkan pada suhu ruangan, kandungan spora dapat berkembang biak dan akibatnya dapat terjadi keracunan makanan saat dikonsumsi.

BACA JUGA:Hati-Hati! Penggunaan Obat Nyamuk Berlebihan Dapat Mengakibatkan Gangguan Pernapasan dan Juga Kesehatan

BACA JUGA:8 Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam, Cukup Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

3. Telur

Perlu kita ketahui telur memiliki kandungan protein yang tinggi yang mana telur juga bisa menjadi sebab keracunan pada seseorang jika telur tersebut dimasak berulang kali.

Jika kita memasak telur maka alangkah baiknya harus langsung dimakan dan jangan sampai memasak kembali telur tersebut karena dapat mengakibatkan penyakit kanker.

4. Daging Ayam

Olahan daging ayam memang sangat nikmat apalagi dengan cita rasa bumbunya yang sangat lezat kenikmatan tersebut semakin bertambah.

Tapi jangan sampai daging ayam tersebut dimasak kembali karena ayam sama seperti telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Begitu juga dengan daging ayam yang sudah di goreng jangan dipanaskan dengan minyak karena beresiko meningkatkan lemak jenuh dengan jumlah berlipat serta kalori.

5. Makanan Bersantan

Bagi yang suka memasak makanan bersantan harus pahamai juga bahwa masakan tersebut jika dipanaskan lebih dari satu kali, dapat membuat kandungan asam lemaknya berubah menjadi lemak jenuh yang memicu meningkat kolesterol jahat.

Jika terlalu banyak LDL (Lemak jahat) didalam darah bisa menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah dan menyumbat aliran darah ke jantung hingga otak.

Selain itu dampak buruk dari kelebihan lemak jahat yaitu beresiko menyebabkan penyakit jantung, obesitas serta stroke.

Nah itulah beberapa makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali lebih dari satu kali karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu sudah terbukti bahwa makanan yang dihangatkan kembali bisa bedampak menjadi penyakit bahkan penyakit mematikan, maka dari mulai dari sekarang hindari dan jangan mengahangatkan makanan lebih dari satu kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: