Yuk Kenali 9 Gejala Penyakit Jantung ini, Wajib Kamu Tahu!

Yuk Kenali 9 Gejala Penyakit Jantung ini, Wajib Kamu Tahu!

RadarTv - Salah satu penyakit yang memiliki angka membunuh paling tinggi adalah penyakit jantung. Oleh karena itu, yuk kenali gejala penyakit jantung. Hal ini, sangat penting untuk kita pelajari. Penyakit jantung merujuk pada beberapa kondisi yang mempengaruhi kinerja jantung. Hal ini, merupakan suatu masalah yang dapat mempengaruhi struktur jantung itu sendiri, fungsi pompa jantung yang tidak baik, serta aliran darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung bisa di alami oleh berbagai kelompok usia, namun risikonya cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa jenis penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner lebih umum pada usia yang lebih tua. BACA JUGA: Yuk Mengenal Mental Health, Kesehatan Mental Wajib Kita Jaga! Namun, saat ini perubahan gaya hidup dan faktor risiko juga bisa menjadi penyebab kemungkinan seseorang dapat terkena penyakit jantung walaupun usianya masih muda. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi risiko penyakit jantung. Di antaranya seperti usia, riwayat keluarga, merokok, tekanan darah tinggi, dan yang lainnya.

Kenali Gejala Penyakit Jantung

Tidak sedikit orang yang masih awam terkait penyakit jantung ini, padahal mengenal gejala penyakit jantung sangatlah penting. Dengan mengenalnya, kita bisa menanganinya dengan cepat dan tepat sebelum terlambat. BACA JUGA: Manfaat Pete untuk Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Jantung dan Ibu Hamil Lho! Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung.

1. Nyeri Dada

Tekanan, sensasi nyeri atau merasa tidak nyaman di dada adalah gejala yang paling umum mengenai penyakit jantung. Nyeri dada juga dapat menjalar ke tangan kiri, punggung, leher, rahang atau perut atas.

2. Sesak Napas

Sesak atau kesulitan bernapas bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada jantung. Hal ini bisa terjadi saat beraktivitas fisik atau bahkan saat beristirahat.

3. Kelelahan

Rasa lelah yang berlebihan walaupun setelah aktivitas yang ringan dapat menunjukkan adanya gangguan jantung. BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Kurma Ciptakan Tubuh Sehatmu!

4. Palpitasi

Denyutan jantung yang tidak teratur, cepat atau berdebar-debar merupakan gejala lain yang dapat menunjukkan masalah jantung.

5. Pingsan

Kondisi ini bisa di sebabkan oleh masalah ritme jantung yang tidak normal atau karena masalah yang lainnya.

6. Penebalan Pergelangan Kaki, Perut atas atau Kaki

Retensi cairan yang di sebabkan gangguan jantung dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tersebut. BACA JUGA: Kopi Tanpa Gula: Lebih Sehat dan Tetap Nikmat, Ini Alasannya

7. Nyeri leher, rahang dan punggung

Gejala ini bisa menjadi gejala umum penyakit jantung terutama pada wanita.

8. Mual atau Muntah

Beberapa orang yang memiliki penyakit jantung biasanya merasa mual atau muntah, terutama saat sedang melakukan aktivitas fisik.

9. Keringat Dingin

Berkeringat dingin secara tiba-tiba atau tidak wajar bisa menjadi sebuah tanda adanya masalah pada jantung. Semoga bermanfaat. ****          

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: