Tempat Wisata Religi di Cirebon yang Mengajak Anda ke Perjalanan Spiritual

Tempat Wisata Religi di Cirebon yang Mengajak Anda ke Perjalanan Spiritual

wisata religi cirebon - Sumber Foto: Screenshot--

RADAR TASIK TV –  Cirebon terkenal dengan ikon Kota Udang, adalah tempat yang tepat untuk turis yang ingin mengunjungi budaya Islam karena kota ini merupakan tempat pertama ajaran Islam tiba di Jawa Barat.

Ada banyak tempat wisata religi di cirebon, selain itu banyak peninggalan Islam dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Cirebon sering disebut sebagai Kota Para Wali karena dua dari sembilan Wali Songo pernah tinggal di sana. Wisata religius apa yang bisa ditemukan di kota ini?

Tempat Wisata Religi di Cirebon dan Bangunan Bersejarah Islam

1. Keraton Kesepuhan 

Keraton tertua di Kota Cirebon adalah Keraton Kasepuhan. Saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan Kasepuhan untuk menjalankan fungsinya.

Pada tahun 1447, Keraton Kasepuhan dibangun dengan kombinasi desain Sunda, Jawa, Islam, Cina, dan Belanda. Beberapa bagian keraton tetap terbuka untuk umum, meskipun Sultan Kasepuhan masih tinggal di sana.

Sejarah awal Kota Cirebon terkait langsung dengan Keraton Kasepuhan. Ini dapat dilihat dari awal perkembangan keraton dari Padepokan Pakungwati hingga menjadi Keraton Kasepuhan.

Kompleks Siti Hinggil Keraton Kasepuhan terdiri dari lima bangunan tanpa dinding, salah satunya adalah Malang Semirang.

BACA JUGA:Wisata Religi Yang Tak Boleh Terlewatkan Saat Berkunjung ke Tasikmalaya

Bangunan ini memiliki enam tiang yang melambangkan rukun iman, dan ada dua puluh tiang secara keseluruhan yang melambangkan sifat-sifat Tuhan.

Ada juga gapura yang dibuat dalam gaya Majapahit. Kata Arab Al Ghafur, yang berarti maha pengampun, adalah asal kata dari gapura.

Pengunjung Keraton Kasepuhan juga dapat melihat kereta keraton dan pusaka di gedung museum yang juga menyimpan peninggalan bersejarah Sunan Gunung Jati, salah satu Wali Songo yang membantu menyebarkan Islam di Cirebon.

2. Makan Sunan Gunung Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: