Hati-hati, 5 Penyakit Dimusim Hujan Ini Wajib Kamu Waspadai

Hati-hati, 5 Penyakit Dimusim Hujan Ini Wajib Kamu Waspadai

Hati-hati, 5 Penyakit Dimusim Hujan Ini Wajib Kamu Waspadai! - Sumber: www.Grid.id--

Penyakit influenza dan pilek merupakan penyakit yang disebabkan dari virus-virus pernapasan, seperti virus rhinovirus dan influenza. Virus ini mudah menyebar di musim hujan karena kelembapan udara yang cukup tinggi. 

Infeksi virus ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti demam, batuk, pilek dan tenggorokan yang sakit.

BACA JUGA:Membilas Mobil Setelah Diguyur Hujan Bikin Mobil Lebih Awet? Cek Fakta-Faktanya Dibawah Ini...

2. Leptospirosis

Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Bakteri ini dapat ditemukan di air yang sudah terkontaminasi oleh urin hewan, terutama tikus. 

Saat musim hujan berlangsung, kontaminasi air meningkat. Sehingga, orang yang terkena cedera dan melakukan kontak langsung dengan air yang terpapar bakteri ini memiliki risiko terinfeksi yang cukup tinggi. 

3. Malaria

Selain Leptospirosis, penyakit dimusim hujan itu salah satunya adala malaria. Musim hujan ini meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan dalam pertumbuhan nyamuk. Diantaranya, nyamuk yang membawa parasit yang menyebabkan malaria. 

Stagnan air yang dihasilkan oleh hujan sering menjadi tempat untuk berkegmbang biak bagi nyamuk yang menyebabkan malaria ini.

4. Diare

Diare merupakan infeksi saluran pencernaan yang disebabkab oleh virus, bakteri atau parasit dan  lebih sering terjadi di musim hujan. Penyebabnya, karena makanan yang tidak higienis, air yang terkontaminasi dan praktik kebersihan yang buruk juga dapat memicu penyebaran penyakit ini.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Jas Hujan yang Tepat Untuk Menemani Berkendara Kamu

5. Demam Tifoid

Demam tifoid merupakan salah satu penyakit dimusim hujan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan bisa menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh tinja manuia yang sudah terinfeksi. 

Selain itu, penyebaran penyakit ini bisa meningkat penyebarannya saa musin hujan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: