Jangan Salah Pilih, Inilah Tips Memilih Kos-kosan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Jangan Salah Pilih, Inilah Tips Memilih Kos-kosan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Sumber : Cove--

RADAR TASIK TV – Sebentar lagi beberapa universitas akan menyelenggarakan masa Pengenalan Mahasiswa Baru atau yang sering kita kenal dengan masa ospek. 

Tentunya sebagai mahasiswa baru banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk masa perkuliahan, apalagi untuk anak rantau yang berkuliah di luar kota. Salah satu yang harus dipersiapkan yaitu memilih tempat tinggal atau kos-kosan

Beberapa kampus ada yang menyediakan asrama bagi mahasiswanya, namun ada juga yang tidak menyediakan. Nah untuk anda yang tidak disediakan asrama oleh kampus dan memutuskan untuk tinggal di kos-kosan.

Berikut tips memilih kos-kosan yang cocok untuk mahasiswa baru

BACA JUGA:Ingin Melanjutkan Kuliah? Inilah 5 Universitas Terbaik di Jawa Timur

1.Wajib Cek Fasilitas

Memperhatikan fasilitas yang diberikan di dalam kos sangat wajib hukumnya. Umumnya semakin banyak fasilitas yang disediakan, maka akan semakin tinggi juga harga sewa kos yang didapatkan. 

Namun, Anda bisa membandingkan dengan kos yang memiliki fasilitas sama dan memilih mana yang lebih baik untuk Anda. Fasilitas yang biasanya disediakan di kos, antara lain AC ataupun kipas angin, wi-fi, dapur bersama, listrik, dan sejenisnya. 

Fasilitas-fasilitas tersebut bisa membantu mahasiswa dalam keseharian selama menempuh pendidikan tinggi.  Selain itu, ada juga kosan yang memiliki fasilitas kamar mandi dalam atau luar. Anda bisa sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan dan kenyamanan.

BACA JUGA:Jadi Rebutan Calon Mahasiswa, Ini Dia Rekomendasi 5 PTN di Bandung, Ada Kampus Kamu Loh...

2.Menyesuaikan Biaya

Kosan yang nyaman yaitu  dengan menetapkan biaya untuk kos. Ketika mencari kos-kosan, pastikan Anda sudah memilih kos yang sesuai dengan ketersediaan biaya anda. 

Selain itu susunlah budget kos sesuai dengan kemampuan finansial orangtua atau keuangan Anda pribadi. 

Anda bisa memanfaatkan aplikasi atau website yang menyediakan informasi kos-kosan di wilayah kampus Anda untuk mengetahui kisaran harga sewa kos.  Setelah menetukan budget, barulah Anda bisa memilih kos sesuai dengan kriteria lainnya seperti fasilitas dan jauh-dekat jarak kos dengan kampus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: