7 Rekomendasi Gunung Untuk Solo Camping, Terbilang Aman Meski Sendirian

7 Rekomendasi Gunung Untuk Solo Camping, Terbilang Aman Meski Sendirian

https://travel.kompas.com/- Gunung Solo Camping--

RADAR TASIK TV-  Pagi-pagi udah kepikiran pengen solo camping di gunung ya? Sip, gue bisa bantu nih. Kalo lo lagi nyari tempat solo camping yang aman di gunung, ada beberapa gunung yang oke banget buat dijajal.

 

Misalnya, Gunung Prau Dieng. Nah, gunung ini bisa dibilang "gampang-gampang susah". Gunung ini rekomendasi banget nih buat kamu.

Gunung Prau Dieng Cukup aman untuk solo camping, plus view-nya oke banget buat matahari terbit. Selain itu, Gunung Andong juga asik buat pemula. Jalurnya nggak terlalu susah dan bisa bikin kamu nyaman buat camping sendirian.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gunung yang Cocok Untuk Solo Camping, Nomor 3 Vienya Paling Menawan

 

Oh ya, jangan lupa juga cek Gunung Telomoyo. Meski jalurnya lebih terawat, tapi area campingnya cukup oke dan aman. Cocok buat pengalaman solo camping yang nggak terlalu menantang.

 

Jadi, ada beberapa opsi yang bisa lo jajal kalo lagi cari tempat solo camping yang aman di gunung. Tentunya, pastiin juga selalu bawa perlengkapan dan informasi yang cukup buat persiapan ya sebelum berangkat!

7 Rekomendasi Gunung Untuk Solo Camping

 

Yuk, kita intip daftar 5 gunung favorit di Jawa Tengah yang pas buat kamu yang baru mulai mendaki atau suka solo hiking. Ini dia rekomendasinya!

 

1. Gunung Prau Dieng

 

Gunung Prau Dieng ini bener-bener keren, dijuluki sebagai "Negri di Atas Awan". Naik ke puncak Gunung Prau yang tingginya sekitar 2.565 mdpl bisa ditempuh dalam 2-3 jam dari jalur Patak Banteng. Dari sini, kamu bisa lihat pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi dari kejauhan yang dihiasi kabut. Yang paling keren dari sini, bisa lihat Golden Sunrise yang memukau, salah satu spot terbaik di Indonesia untuk nonton matahari terbit.

BACA JUGA:Ingin Mendaki Gunung Ciremai? Simak Informasi, Harga Tiket dan Objek Wisata di Sekitarnya

 

2. Gunung Andong

 

Gunung yang lagi hits ini punya jalur pendakian yang nggak terlalu panjang, cuma sekitar 2 jam sampai ke puncaknya. Meski nggak terlalu tinggi, jalurnya lumayan menantang buat para pendaki pemula. Sama seperti gunung lainnya, jalurnya penuh dengan bebatuan dan pijakan yang licin.

 

3. Gunung Papandayan

 

Gunung Papandayan ini termasuk gunung di bawah 3.000 mdpl yang ada di Indonesia. Ada banyak kawah aktif di sini, jadi selama pendakian, kamu bakal temuin banyak kawah yang bisa dilihat dari dekat. Bau belerangnya bisa bikin perut agak mual, tapi setelah melewati jalur ke puncak, kamu bakal disuguhi pemandangan bunga edelweis di Tegal Alun dan hutan mati yang menakjubkan.

 

4. Gunung Telomoyo

 

Ini lho, gunung yang jalur pendakiannya udah beraspal sampai ke puncaknya. Meskipun jalanannya agak berlubang, tapi hati-hati aja saat nanjak, pastiin motormu kuat buat nanjak. Dari puncaknya, kamu bisa nikmatin pemandangan dari landasan paralayang yang sering dipakai untuk kejuaraan paralayang. Jika cerah, kamu bisa lihat pemandangan rawa pening dari atas.

BACA JUGA:Rahasia Pendakian Sukses - Inilah Merk Lokal Pilihan Para Ahli untuk Peralatan Naik Gunung!

 

5. Gunung Bromo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: