Catat, Ini Cara Aktivasi E-KTP jadi IKD, Lengkap dengan Panduannya

Catat, Ini Cara Aktivasi E-KTP jadi IKD, Lengkap dengan Panduannya

Cara Aktivasi E-ktp jadi IKD- Photo: Tiktok @suarasurabayamedia--

Catat, Ini Cara Aktivasi E-KTP jadi IKD, Lengkap dengan Panduannya

RADAR TASIK TV- Dalam era digital yang terus berkembang, salah satu inisiatif terbaru Pemerintah adalah migrasi dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) jadi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Proses E-KTP jadi IKD ini bertujuan untuk menyediakan alternatif yang lebih modern dan praktis bagi warga negara dalam memverifikasi identitas mereka.

Sebelum proses aktivasi E-KTP jadi IKD, kamu harus mempersiapkan ponsel yang kamu gunakan memiliki akses internet yang memadai, alamat email aktif, NIK atau E-KTP dan nomor ponsel aktif. 

BACA JUGA:Cara Aktivasi NIK Jadi NPWP Online, Link dan Cara Daftarnya Lengkap Disini

BACA JUGA:Sudah Aktivasi Rekening PIP Tapi Saldo Masih Rp 0, Ini Beberapa Penyebabnya...

Adapun langkah-langkah proses aktivasi W-KTP jadi IKD diantaranya datang ke kantor dinas dukcapil dengan membawa ponsel dan akses internet yang memadai lalu sampaikan kepada petugas ingin mendaftar KTP Digital atau IKD. 

Selanjutnya untuk cara aktivasi E-KTP jadi IKD unduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital, lalu Buka aplikasi dan masukan data yang diminta (NIK, Email dan nomor ponsel aktif). 

Lalu cara aktivasi E-KTP jadi IKD selanjutnya lakukan photo selfi untuk keperluan ferivikasi data, pilih scan QR Code yang didapat dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil. 

Langkah selanjutnya untuk cara aktivasi E-KTP jadi IKD adalah cek email yang didaftarkan untuk mendapat code aktivasi dan masukan kode aktivasi dan captcha untuk aktivasi. Udah deh, aktivasi E-KTP jadi IKD telah selesai

Namun, untuk dapat memanfaatkan layanan ini, diperlukan aktivasi yang tepat. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengaktifkan E-KTP menjadi IKD.

BACA JUGA:Warga Pemilik IKD Baru 1 Persen, Pemkab Ciamis Masih Pakai E-KTP, ini Alasannya...

BACA JUGA:Cara Memproses KTP yang Hilang, Jangan Panik!

Catat, Ini Cara Aktivasi E-KTP jadi IKD, Lengkap dengan Panduannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: