5 Amalan Malam Takbiran 2024, Malam Istimewa Bagi Umat Muslim Dunia

5 Amalan Malam Takbiran 2024, Malam Istimewa Bagi Umat Muslim Dunia

5 Amalan Malam Takbiran 2024, Malam Istimewa Bagi Umat Muslim Dunia- By Ika Nura--

5 Amalan Malam Takbiran 2024, Malam Istimewa Bagi Umat Muslim Dunia

RADAR TASIK TV - Bagi umat Islam, terdapat dua hari raya yang kedatangannya selalu dinanti- nantikan.

Yaitu hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Dua hari besar ini merupakan hari yang sangat istimewa dan selalu menjadi momen yang penting di setiap tahunnya.

Menjelang perayaan hari raya ini, akan diawali dengan bacaan takbir yang dikumandangkan di setiap mesjid di seluruh penjuru dunia.

Malam takbir ini, selain menjadi malam yang Istimewa bagi umat muslim, ternyata malam takbir juga memiliki banyak keutamaan.

Malam takbir ini umumnya mulai dikumandangkan setelah sholat ashar sampai dengan pagi ketika hari raya ied tiba.

BACA JUGA:Ternyata Selama Ini Kita Keliru, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Tentang Doa Buka Puasa yang Benar

BACA JUGA:Berapa Jumlah Rakaat Witir yang Benar? 2 atau 1 Kali salam? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Umat muslim pun mengumandangkannya dengan penuh kegembiraan dan kemenangan setelah mereka berpuasa di bulan suci Ramadhan.

Bacaan takbir yang dikumandangkan ini pun merupakan suatu ungkapan syukur atas semua nikmat kemenangan setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

Selain itu, biasanya takbir ini dikumandangkan secara bersama-sama, baik di dalam mesjid maupun di lingkungan masyarakat setempat.

Malam takbiran juga merupakan salam yang termasuk kedalam amalari merighidupkan du malam hari raya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa yang menghidupkan (qiyam) dua malam hari raya karena Allah SWT demi mengharap Ridho-Nya, maka hatinya tidak akan mati dimana hati manusia mati." (HR. Ibnu Majjah)

Pada malam takbir, umat muslim semuanya menyambut hari raya dengan penuh suka cita. Sehingga, terkadang membuat melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: