Ibu-Ibu Wajib Tau, Ini Cara Menyimpan Beras Anti Kutu, Cukup Dengan Bahan Dapur

Ibu-Ibu Wajib Tau, Ini Cara Menyimpan Beras Anti Kutu, Cukup Dengan Bahan Dapur

Ibu-Ibu Wajib Tau, Ini Cara Menyimpan Beras Anti Kutu, Cukup Dengan Bahan Dapur. Instagram : @vhe.veronicaa--

Ibu-Ibu Wajib Tau, Ini Cara Menyimpan Beras Anti Kutu, Cukup Dengan Bahan Dapur

 

RADAR TASIK TV – Beras merupakan bahan pokok sehari hari. Ini karena beras merupakan bahan baku untuk membuat nasi. Seperti yang kita tahu, hampir seluruh orang Indonesia menjadikan nasi sebagai sumber karbohidrat utamanya setiap hari.

Maka dari itu beras biasanya dimasak setiap hari. Karena diproduksi setiap hari, masyarakat umumnya terbiasa membeli beras dalam jumlah banyak sebagai stok jangka panjang di rumah.

Tapi tahu kah kamu? Menyimpan beras juga ada caranya, seperti menambahkan bahan dapur dan juga memilih tempat yang tepat. Karena apabila beras disimpan dengan cara tidak benar maka akan menimbulkan jamur, bau tidak sedap, tidak awet, dan masalah paling umum ialah kutu beras.

Oleh karena itu cara penyimpanan beras dalam jumlah yang banyak dan jangka yang lama perlu diperhatikan. Umumnya, beras yang berkutu dan tidak awet ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa jadi karena beras disimpan pada tempat yang lembab, basah. Atau bisa jadi karena kualitas dari beras tersebut kurang bagus.

BACA JUGA:Stop Buang Air Beras! Ini Manfaat Air Beras untuk Wajah, Bikin Kulit Wajah Jadi Segar Berseri

BACA JUGA:Tetap Konsumsi Nasi, Ini Tips Turunkan Berat Badan Hingga 40 Kg Ala Artis Saykoji, Yuk Simak....

kutu beras adalah hama yang membuat rasa beras menjadi kurang lezat. Hama ini berasal dari serpihan halus beras atau biasa dikenal sebagai tepung beras.

Tepung beras ini menjadikan telur kumbang beras tumbuh berubah menjadi kutu. Selain merubah rasa beras, kutu beras juga menyebabkan bau tidak sedap pada beras.

Biasanya hama ini suhu yang lembab dan gelap. Karena tempat seperti ini lah yang cocok untuk kutu beras berkembang biak menghasilkan telur kutu beras.

Kutu beras memang tidak menimbulkan efek serius pada tubuh apabila termakan, namun hema ini mampu merusak butiran butiran beras. Selain itu efek pada kesehatan apa bila termakan ialah dapat menyebabkan mual, muntah, dan juga reaksi alergi.

Mencuci beras memang bisa menjadi alternatif mengusir kutu beras, namun hal ini kurang efektif apabila Kutu beras ada dalam jumlah yang banyak.

Lantas bagaimana cara yang efektif? Cukup dengan menggunakan bahan dapur. Selain sebagai bahan masak, bahan dapur juga memiliki segudang manfaat lain salah satunya sebagai media pengusir kutu beras.

Dilansir dari akun Instagram @vhe.veronicaa, berikut cara mengusir kutu beras beserta penjelasannya.

Cara Menyimpan Beras Anti Kutu

1. Bawang Putih

Selain sebagai bahan utama penyedap makanan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan alami pencengah kutu beras, lho.

Ini karena bawang putih memiliki aroma khas yang dapat mengusir hama tersebut. Aroma menyengat yang dimiliki bawang putih mengandung senyawa belerang yang sangat tidak disukai oleh kutu beras.

BACA JUGA:Dear Ibu-Ibu, Ini Cara Yang Benar Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Kering Dan Basi Dalam Megicom

BACA JUGA:Bikin Aneka Macam Gorengan Cukup Pakai 1 Adonan, Ini Resep Rahasinya Bikin Masak Jadi Praktis

Cara mengaplikasikannya ialah cukup dengan menaruh beberapa siung bawa putih yang sudah dikupas ke dalam tempat penyimpanan beras.

2. Kayu Manis

Aroma kuat yang khas dimiliki oleh kayu manis juga dapat digunakan untuk mengusir kutu beras, ini karena kutu beras sangat membenci aroma tersebut.

Cara menghilangkan kutu beras dengan kayu manis terbilang sangat mudah. Caranya cukup letakkan beberapa potong kulit kayu manis kedalam wadah penyimpanan beras, diamkan beberapa saat.

Untuk hasil yang lebih efektif kamu bisa letakkan kayu manis ini selama semalaman di dalam wadah penyimpanan beras.

3. Daun Salam

Selanjutnya bahan alami untuk mengusir kutu beras ialah dengan menggunakan daun salam. Daun salam dikenal juga sebagai pestisida nabati yang efektif dalam mengontrol kutu beras.

Aroma menyengat yang dimiliki daun salam tidak disukai oleh kutu beras atau serangga lainnya.

Cara menggunakannya mudah, cukup letakkan beberapa helai daun salam kedalam wadah penyimpanan beras. Pastikan daun salam yang digunakan kering dan bersih.

4. Daun Jeruk

Selain menggunakan daun salam, daun jeruk juga efektif untuk mengusir kutu apalagi daun jeruk nipis.

Daun jeruk nipis dipercaya efektif untuk mengusir kutu beras karena daun ini memiliki aroma kuat yang tidak disukai oleh kutu beras.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup letakkan beberapa lembar daun jeruk kedalam karung atau wadah penyimpanan beras kemudian tunggu beberapa jam hingga kutu pergi.

5. Daun Pandan

Cara selanjutnya untuk mengusir kutu beras ialah dengan cara meletakkan daun pandan.

Caranya mudah, sama seperti daun jeruk dan daun salam, cukup letakkan beberapa helai daun pandan ke dalam wadah penyimpanan beras.

Ini karena daun pandan juga memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh kutu beras, selain itu wangi dari daun beras ini juga dapat digunakan untuk menjaga kualitas stok beras.

BACA JUGA:Tips Masak Kacang Hijau Empuk Tanpa Direndam Lama, Kuncinya Ada Pada Proses Perebusan, Yuk Simak

BACA JUGA:Salah Masak Telur Bisa Sebabkan Kanker? Masukan Bahan Ini Agar Hasil Rebusan Telur Lebih Terlihat Segar

6. Kopi

Dan cara terakhir untuk mengusir kutu beras ialah dengan menggunakan kopi. Kopi yang sudah disangrai mengeluarkan aroma yang cukup menyengat.

Kamu bisa menggunakan kopi yang utuh atau sudah dihaluskan untuk mencegah kutu beras timbul.

Caranya cukup letakkan kopi kedalam plastik kemudian ikat dan lubangi plastik tersebut dengan jarum. Letakkan plastik berisi kopi ini kedalam wadah penyimpanan beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: