Banjir Luapan Sungai Citanduy Rendam 2 Desa di Panumbangan Ciamis

Banjir Luapan Sungai Citanduy Rendam 2 Desa di Panumbangan Ciamis

Banjir Luapan Sungai Citanduy, Rendam 2 Desa di Panumbangan Ciamis - Rudiat--

RADAR TASIK TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis sejak kamis malam, menyebabkan 2 Desa di Kecamatan Panumbangant erendam banjir. Jum'at, (26/04/2024). 

Banjir yang disebabkan luapan sungai Citanduy ini, telah merendam puluhan rumah warga di 4 Dusun yang tersebar di 2 Desa, 3 Dusun berada di Desa Kertaharja, yakni Dusun Cikopeng, Dusun Panoongan serta Dusun Sukapelang wetan, sementara Dusun Cibereum berada di Desa Tanjung Mulya.   

Ketinggian air bervariasi mulai dari 40 centimeter hingga 1,20 centimeter, akibat musibah banjir ini sebanyak 15 kepala keluarga (KK), terpaksa harus diungsikan ke gedung madrasah dan masjid jami nurul hasanah. 

Hingga sejauh ini kondisi para pengungsi dalam kondisi baik, namun mereka membutuhkan bantuan berupa air bersih, makanan siap saji, selimut dan matras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, S.T., M.Si. Menuturkan pihaknya telah menerjunkan petugas untuk mengevakuasi para korban ke tempat yang lebih aman.

"Kami beserta TNI-Polri, Tagana,  Relawan dan Masyarakat bersama-sama mengevakuasi para korban banjir ke gedung madrasah dan madrasah, selain itu bantuan logistik beserta air bersih sudah mulai didistribusikan oleh PDAM Tirta Galuh Ciamis" Ujarnya. 

Berdasarkan hasil pemantauan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Ciamis, ketinggian air pada jum'at pagi sudah mulai berangsur surut.  

Petugas BPBD Kabupaten Ciamis,hingga saat ini masih mendata jumlah rumah warga yang terdampak serta total kerugian materi akibat bencana banjir ini.

BACA JUGA:Dear Para Orang Tua, Ini 7 Hal Yang Harus Dikerjakan Pada Anak Sejak Dini, Lengkap Dengan Panduannya

BACA JUGA:Strike Struick! Garuda Muda Terbang Tinggi. Taklukan Favorit Juara Korea Selatan 11-10

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: