Dampak Penggunaan Softlens yang Tidak Sesuai, Lakukan ini Untuk Pencegahan

Selasa 10-09-2024,08:55 WIB
Reporter : Zahra Dickhen Purnama
Editor : Hilmi Pramudya

4. Reaksi Alergi: Ketidakcocokan Softlens dengan Mata Kamu

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan dalam pembuatan softlens atau terhadap larutan pembersihnya.

Reaksi alergi ini dapat menyebabkan mata bengkak, kemerahan, dan gatal-gatal yang parah. Jika tidak segera dihentikan penggunaannya, reaksi alergi ini dapat memperburuk kondisi mata dan menimbulkan masalah jangka panjang.

BACA JUGA:Sering Mengkonsumsi Infused Water? Yuk Kenali Berbagai Mitos dan Fakta dari Infused Water Ini Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Sering Boros dan Tidak Bisa Mengatur Pengeluaran Uang Setiap Hari? Yuk Coba Lakukan Tips ini

Cara Mencegahnya Bahaya Penggunaan Softlens

Mencegah bahaya yang terkait dengan penggunaan softlens bukanlah hal yang sulit jika kamu mengetahui langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa kamu  terapkan:

• Pilih Softlens yang Berkualitas

 Pastikan kamu membeli softlens dari merek yang terpercaya dan memiliki izin dari otoritas kesehatan. Hindari penggunaan softlens yang murah dan tidak jelas asal-usulnya

• Ikuti Instruksi Penggunaan

 Jangan memakai softlens lebih lama dari waktu yang dianjurkan oleh produsen. Beri kesempatan mata kamu untuk beristirahat dengan tidak menggunakan softlens secara terus-menerus.

• Rutin Periksa Mata ke Dokter

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk memastikan tidak ada masalah yang disebabkan oleh penggunaan softlens. Jika kamu merasakan gejala-gejala yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter mata.

BACA JUGA:Mandi Malam Itu Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos Atau Fakta? Begini Penjelasannya...

• Ganti Softlens Secara Teratur

Jangan menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa atau rusak. Gantilah secara berkala sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Kategori :