Hindari Penggunaan Headset Dalam Waktu Lama, Berikut 7 Risikonya

Kamis 03-10-2024,09:28 WIB
Reporter : Zidan Fazha
Editor : Hilmi Pramudya

Vertigo adalah kondisi di mana penderitanya merasa pusing dan merasakan sekelilingnya berputar. Sensasi ini bisa disebabkan oleh peningkatan tekanan di liang telinga akibat paparan suara keras.

2. Gangguan Pada Telinga

Penggunaan earphone secara berlebihan dalam waktu lama dapat mengakibatkan efek samping serius, seperti kehilangan pendengaran.

Secara fundamental, telinga bagian dalam sangat sensitif terhadap suara yang diterima melalui earphone atau headphone.

Telinga mengandung banyak sel, termasuk sel-sel rambut kecil yang berfungsi untuk mentransmisikan suara dari telinga ke otak untuk pemrosesan lebih lanjut. Paparan suara yang terlalu keras dapat merusak sel-sel ini secara permanen, mengganggu proses transmisi suara.

3. Infeksi Telinga

Memakai earphone yang dimasukkan langsung ke dalam telinga dapat menghambat aliran udara di saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga yang umum, karena earphone dapat memicu pertumbuhan bakteri.

Ahli kesehatan menyarankan untuk tidak membagikan earphone dengan orang lain karena bakteri berbahaya dapat berpindah dari telinga Anda ke orang lain.

4. Menyebabkan Sakit Telinga

Rasa sakit pada telinga adalah efek samping umum dari penggunaan earphone secara terus-menerus setiap hari. Kebisingan yang berlebihan disalurkan langsung ke telinga melalui perangkat tersebut, jadi sebaiknya hindari volume yang terlalu tinggi sebanyak mungkin.

Earphone atau headphone yang tidak sesuai ukuran dapat menyebabkan sakit telinga, baik ringan maupun berat. Tekanan yang berlebihan pada telinga luar dan dampaknya pada gendang telinga dapat mengakibatkan rasa sakit pada telinga.

BACA JUGA:Temukan Karakter Dibalik Pemakaian Jam di Tangan Kiri dan Kanan, Kami Tim yang Mana?

BACA JUGA:Tampil Stylish di Jalur Pendakian: Rekomendasi 6 Outfit Wanita Hijab yang Nyaman dan Keren

5. Susah Fokus

Suara dari earphone bisa memengaruhi gendang telinga secara negatif. Gelombang suara yang menuju otak dapat memengaruhi sistem saraf dan mengurangi kemampuan fokus. Penggunaan earphone secara berlebihan dalam waktu lama dapat mengakibatkan penurunan kekuatan konsentrasi dan fokus.

6. Tuli Akibat Kebisingan

Kategori :