Hindari Penggunaan Headset Dalam Waktu Lama, Berikut 7 Risikonya

Kamis 03-10-2024,09:28 WIB
Reporter : Zidan Fazha
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV.ID - Mendengarkan musik dengan headset atau earphone memang menyenangkan, tetapi penggunaan headset dalam waktu lama dapat membahayakan kesehatan pada telinga.

Di segala tempat dan waktu, banyak orang tidak bisa jauh dari headset. Alat kecil ini tampaknya selalu terpasang di telinga.

Namun, banyak orang sering kali tidak menyadari batas maksimum penggunaan headset.

Dokter spesialis THT-KL di Kemang Medical Care, Bagas Wicaksono, menjelaskan bahwa secara medis, penggunaan earphone diatur dengan rasio 60:60.

BACA JUGA:8 Tips Menguatkan Mental Agar Kuat Menghadapi Masalah, yang Suka Baperan Wajib Baca!

BACA JUGA:Catat, Kenali 7 Karakter Anggun yang Membuatmu Bersinar Sebagai Wanita Berkelas

Ini berarti volume suara tidak boleh lebih dari 60 persen dan durasi penggunaannya tidak boleh melebihi 60 menit setiap kali pemakaian.

Anjuran ini juga disampaikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Berdasarkan informasi dari Popular Science, WHO merekomendasikan agar penggunaan earphone dibatasi hingga satu jam per hari dengan volume tidak lebih dari 60 persen.

Bahayanya penggunaan headset terlalu lama

Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa penggunaan headset atau earphone yang tidak mengikuti pedoman dapat menimbulkan gangguan pada telinga dan, dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan ketulian.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut adalah beberapa risiko yang mungkin timbul akibat penggunaan headset atau earphone yang terlalu lama.

BACA JUGA:Dijamin Anti Kucel, Berikut 5 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Tetap Fresh Sepanjang Hari

BACA JUGA:Bingung Mau Nonton Apa Pas Family Time? Ini Rekomendasi Film Yang Bikin Makin Sayang Keluarga

1. Pusing yang Berputar

Menurut laman Only My Health, penggunaan earphone yang terlalu sering dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang dikenal sebagai vertigo.

Kategori :