10 Kota di Indonesia yang Punya Landmark Terpopuler, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Kamis 19-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Qeisya Salsa Sabina
Editor : Hilmi Pramudya

2. Jembatan Ampera, Palembang

Nama Jembatan Ampera ini memiliki makna "Amanat Penderitaan Rakyat" yang sudah berdiri sejak 1965 dengan dana pembangunan yang diambil dari hasil rampasan Jepang kala itu.

Sejak berdirinya jembatan yang membentang di atas Sungai Musi yang menghubungkan antara seberang Ulu dan Seberang Ilir kini menjadi landmark kebanggaan masyarakat Palembang.

Kini, jembatan ikonik tersebut telah dihiasi dengan lampu-lampu yang membuat penampilannya semakin indah dan menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang singgah ke ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

3. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Diresmikan sejak tahun 22 September 2018, patung Garuda Wisnu Kencana langsung mendapatkan popularitas dan menjadi landmark kebanggaan bagi Pulau Dewata.

Karya dari pematung terkenal yaitu Bali I Nyoman ini memiliki ketinggian 120 meter. 

Landmark Indonesia ini begitu megah dan menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda dan patung ini lebih tinggi dari Patung Liberty yang ada di Amerika Serikat.

4. Gedung Sate, Bandung

Sesuai dengan namanya, landmark Kota Bandung ini terkenal karena tiangnya yang memiliki bentuk mirip sate pada puncak bangunannya.

Gedung Sate ini difungsikan sebagai kantor dan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat sejak 1980 dan memiliki sejarah yang cukup panjang.

Dibangun pada tahun 1920, ikon Bandung ini memiliki nama Gouvernements Bedrijven (GB) pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang juga digunakan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda kala di Bandung.

Kini, Gedung Sate menjadi salah satu landmark yang paling terkenal di Indonesia.

5. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur merupakan landmark yang sangat mendunia dan tak pernah sepi dari wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Candi Borobudur ini menjadi Candi Budha terbesar di dunia yang memiliki ratusan stupa, arca, dan relief yang mengelilinginya sehingga tak heran jika candi tersebut menjadi ikon Indonesia yang begitu populer.

Kategori :