10 Kota di Indonesia yang Punya Landmark Terpopuler, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Kamis 19-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Qeisya Salsa Sabina
Editor : Hilmi Pramudya

6. Menara Siger, Lampung Selatan

Seperti namanya, Menara Siger memiliki penamaan yang menggambarkan mahkota pengantin yang biasa digunakan oleh mempelai wanita dengan warna kuning dan merah yang mendominasi.

Jumlah dari bentuk atap bangunan Menara Siger mengacu pada jumlah para leluhur yang ada di Lampung dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang dirancang di atas bukit dengan bangunan yang tahan gempa.

Landmark ikonik ini diresmikan pada tahun 2008 dan menjadi penyambut wisatawan yang masuk Provinsi Lampung melalui jalur laut lewat Pelabuhan Bakauheni.

7. Istana Maimun, Medan

Selain ikonik dan menjadi landmark kebanggaan Indonesia, Istana Maimun juga memiliki nilai sejarah yang cukup panjang.

Istana Maimun ini begitu megah dan merupakan istana Kesultanan Deli yang diprakarsai oleh Sultan Ma'mun Al Rasyid.

Istana ini dibangun pada tahun 1888 hingga 1891 yang memiliki keunikan arsitektur dengan memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, bergaya Islam, Spanyol,India, Belanda dan Italia.

8. Patung Yesus Memberkati, Tana Toraja

Kalau kamu pernah melihat patung "Christ the Redeemer" yang sangat ikonik di Rio de Janierok Brasilia, kamu juga dapat menemukannya di Tana Toraja atau lebih tepatnya di bukit Buntu Burake.

Memiliki ketinggian 40 meter dan berdiri di puncak bukit, patung ikonik ini dapat terlihat dari setiap sudut Tana Toraja.

Tak hanya di Tana Toraja, kamu juga bisa menemukan monumen serupa di Manado, Sulawesi Utara yang menjadi salah satu simbol dalam kerukunan umat beragama di Indonesia.

9. Bundaran HI dan Monumen Selamat Datang, Jakarta

Jakarta menyimpan begitu banyak landmark yang sangat menarik dan salah satunya adalah Bundaran HI dengan Monumen Selamat Datang-nya yang tidak kalah populer.

Nama Bundaran HI sendiri merujuk pada Hotel Indonesia yang berlokasi menghadap bundaran dengan air mancurnya yang ikonik.

Monumen Selamat Datang ini berada di tengah-tengah landmark Indonesia itu sendiri yang dibangun pada tahun 1962 untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan Asian Games IV yang berlangsung di Jakarta saat itu.

Kategori :