7 Arti Simbol Segitiga Pada Kemasan Botol Plastik, Ternyata Mengandung Makna

Sabtu 21-09-2024,08:18 WIB
Reporter : Aida Nazar Zulvany
Editor : Hilmi Pramudya

Untuk alasan ini, HDPE digunakan untuk membuat meja, kursi, dan perabot lainnya. Dengan memperhatikan kebersihannya, jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali.

3. PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. 

Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang dan sering disebut dengan plastik beracun karena mengandung bahan kimia beracun. 

Jenis plastik ini biasanya untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan. 

Kandungan DEHA (Diethylhydroxylamine) yang ada di dalamnya akan bereaksi saat bersentuhan langsung dengan makanan. Reaksi ini bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati.

4. LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)

Angka 4 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polietilen densitas rendah, low-density polyethylene atau LDPE. Plastik ini biasa ditemukan di tas belanja, botol yang bisa diremas, dan plastik pada makanan beku atau roti. 

Tas belanja plastik yang digunakan di sebagian besar toko saat ini dibuat menggunakan plastik LDPE.

LDPE dianggap kurang beracun dibandingkan plastik lainnya, dan relatif aman untuk digunakan. Produk yang dibuat menggunakan plastik LDPE dapat digunakan kembali dengan jangka waktu pendek, tetapi tidak selalu dapat didaur ulang karena sulit dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)

Simbol plastik kelima yaitu simbol dengan kode angka 5 dan kode PP. Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. 

Jenis plastik ini termasuk bahan yang sangat kuat dan cukup aman digunakan pada suhu yang panas.

Biasa digunakan untuk tempat makanan/minuman, botol sirup,  kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali berbahan plastik.

Plastik ini berfungsi sebagai penghalang terhadap kelembaban, minyak dan bahan kimia. Simbol ini kerap tertulis pada botol dan wadah makanan plastik yang bisa digunakan berkali-kali. 

Botol minuman dengan kode ini dianggap aman untuk digunakan kembali. Plastik ini juga mudah untuk didaur ulang.

Kategori :