7 Arti Simbol Segitiga Pada Kemasan Botol Plastik, Ternyata Mengandung Makna

Sabtu 21-09-2024,08:18 WIB
Reporter : Aida Nazar Zulvany
Editor : Hilmi Pramudya

BACA JUGA:Catat!! Ternyata 5 Jenis Makanan Ini Adalah Musuh Ginjal, Yuk Simak...

BACA JUGA:Hindari Makanan Ini Jika Kamu Tidak Ingin Asam Lambung Kamu Naik

6. PS (Polystyrene)

Angka 6 di dalam segitiga menunjukkan plastik tersebut adalah polystyrene (PS). Polystyrene adalah plastik yang murah, ringan dan mudah dibentuk dengan berbagai macam kegunaan. 

Bahan paling sering digunakan untuk membuat gelas dan piring styrofoam sekali pakai, pembungkus makanan, karton telur, dan sendok garpu piknik plastik.

Karena secara struktural lemah dan sangat ringan, polystyrene mudah putus dan mudah tersebar ke seluruh lingkungan alami. Pantai di seluruh dunia memiliki serpihan-serpihan polistiren ini yang merusak ekosistem.

Penggunaan plastik ini sangat tidak disarankan untuk makanan dan minuman. Polystyrene dapat melepaskan styrene yang bersifat karsinogen. Zat ini bisa keluar terutama ketika dipanaskan. 

Bahan kimia yang ada dalam polystyrene telah dikaitkan dengan kesehatan manusia dan disfungsi sistem reproduksi. Polystyrene harus dihindari sedapat mungkin.

7. Other atau O 

Simbol plastik dengan kode angka 7 dan kode Other atau O. Other disini adalah jenis plastik yang tidak termasuk kedalam klasifikasi enam kode sebelumnya (  PETE atau PET, HDPE atau PE-HD, PVC atau V, LDPE atau PE-LD, PP, dan PS).

Biasanya penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh.

Plastik ini biasanya terbuat dari SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), dan PC (Polycarbonate. Biasanya produk dengan simbol ini akan mencantumkan kode SAN, ABC, atau PC.

SAN biasa ditemukan pada termos, piring makan, sikat gigi, atau mangkuk mixer. ABS bisa ditemukan di wadah makanan dan minuman, mainan anak, dan pipa. Sementara PC bisa ditemukan pada beberapa botol bayi.

Namun, penggunaan botol dan wadah makanan dengan PC sangat tidak disarankan. Ini karena plastik dengan bahan PC bisa menghasilkan BPA yang bisa menganggu kesehatan. 

Kategori :