Dear Perempuan, Stop Merokok Jika Tidak Ingin Terkena 5 Penyakit Ini, Berikut Penjelasannya.

Selasa 01-10-2024,08:18 WIB
Reporter : Dewi Lestari
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV.ID - Banyak Sekali Efek Negatif Untuk Kesehatan Bagi Wanita Perokok, kebiasaan ini Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi dan Masa Subur dan Bahaya yang Lainnya.

Satu buah batang rokok mempunyai ribuan kandungan bahan kimia yang membahayakan bagi penggunanya untuk perempuan ataupun laki-laki, yang mana keduanya sama saja beresiko tinggi dapat mengalami komplikasi kesehatan jika sering merokok.

Apalagi jika wanita sering merokok sangat bahaya sekali bagi kesehatan khusus nya dalam siklus menstruasi, masa subur, meningkatkan resiko terkena osteoporosis, kanker serviks, dan kanker payudara.

BACA JUGA:7 Arti Simbol Segitiga Pada Kemasan Botol Plastik, Ternyata Mengandung Makna

BACA JUGA:8 Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam, Cukup Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

Bahaya sekali bukan? maka dari itu hindari rokok bagi wanita karena efek dari rokok tersebut merupakan bukan penyakit yang biasa saja namun sangat berbahaya sekali bagi kesehatan wanita.

Beriku Ini Bahaya merokok Yang Mengintai Bagi Kaum Wanita:

1. Kanker Serviks Dan Kanker Payudara

Menurut penelitian bahan kimia yang terkandung didalam rokok bisa meningkatkan resiko wanita mengalami kanker serviks (leher rahim) dan kanker payudara, di banding dengan wanita yang tidak merokok sama sekali.

Bahan yang ada pada rokok dapat melemahkan dlama pertahanan sel serviks juga meningkatkan resiko terkenanya infeksi dan peradangan, secara tidal langsung akan membuat pertumbuhan sel tidak normal dan juga dapat memicu sel kanker di serviks menjadi tumbuh lebih mudah.

Jadi bahaya sekali bagi wanita perokok yang memiliki beresiko tinggi mengalami kanker jenis lainnya yaitu kanker usus besar.

2. Siklus Menstruasi dan Kesuburan Terganggu

Bahaya yang lainnya bagi wanita perokok yaitu terganggunya siklus menstruasi seperti keputihan, infeksi vagina, perdarahan tidak normal seperti polimenorea atau kram yang hebat selama 2 hari lebih.

Tak hanya itu wanita perokok juga dapat mengalami siklus penurunan tingkat kesuburan, fungsi dari indung telur bagi wanita perokok yaitu untuk melepaskan sel telur semakin rendah jika di banding dengan wanita yang tidak merokok.

BACA JUGA:Khasiat Rebusan Daun Kelor: Penangkal Alami Beragam Penyakit untuk Kesehatan Optimal

BACA JUGA:Sering Sakit Perut Saat Haid? Jangan Khawatir Lakukan 7 Cara Untuk Mengatasi Nyeri Saat Haid

Zat kimia yang terkandung di rokok juga mampu menghambat proses pembuahan dikarenakan zat-zat nya mengubah komposisi cairan serviks oleh karena itu sperma pun tidak bisa bertahan lama di vagina.

Nah itu lah faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan bagi wanita dan juga menyebabkan sulit hamil bagi wanita yang sering merokok.

3. Komplikasi Kehamilan

Perhatikan juga bagi wanita yang sedang hamil karena rokok juga bahaya sekali bagi wanita hamil, yang mana dapat mengalami kehamilan ektopik akan lebih tinggi.

Tak hanya itu masih ada efek yang lebih bahaya bagi yang sedang hamil dan juga janin, seperti plasenta previa, ketuban pecah dini, bayi lahir dengan beray badan rendah, persalinan prematur, keguguran dan bayi meninggal dalam perut.

Jika kesehatan wanita ingin baik-baik saja maka hindari merokok agar tidak mengalami kondisi yang tidak di inginkan karena bagi wanita perokok resikonya sangat tinggi bagi kesehatan.

BACA JUGA:Tak Sekedar Segar, 7 Buah-Buahan ini Cocok Untuk Menghindari Dehidrasi

Kategori :