Tips Membersihkan Cobek Baru, Ternyata Jangan Langsung Di Pakai Lho! Ini Dia Caranya Gampang

Kamis 03-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Hilmi Pramudya

Setelah proses scrubbing, bilas cobek dengan air bersih untuk menghilangkan sisa garam dan kotoran yang terangkat selama proses scrubbing. Pastikan seluruh permukaan cobek terkena bilasan air hingga benar-benar bersih.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Jajan, Ini 5 Tips Membeli Streetfood Saat Liburan Agar Tidak Menyesal

BACA JUGA:Hobby Buat Video VLOG ? Berikut Rekomendasi dan Tips Memilih Camera Vlogging yang Cocok

Step Kedua: Menggosok dengan Kunyit

Ambil kunyit segar, lalu haluskan di atas cobek hingga seluruh permukaan cobek terkena kunyit. Kunyit memiliki sifat antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri.

Selain itu, kunyit membantu menetralisir bau dari cobek baru dan memberikan perlindungan tambahan sebelum digunakan untuk memasak.

Bilas Hingga Bersih

Setelah proses menggosok dengan kunyit, bilas kembali cobek dengan air bersih untuk menghilangkan sisa kunyit.

Pada tahap ini, cobek sudah mulai bersih dari material berbahaya, namun kita masih harus memastikan agar benar-benar siap untuk digunakan.

Step Ketiga: Mengulek Beras yang Direndam

Rendam segenggam beras dalam air selama beberapa jam sebelum proses ini. Setelah beras direndam, haluskan beras tersebut di atas cobek hingga seluruh permukaannya tertutup oleh ulekan beras.

Proses ini bertujuan untuk menyerap sisa-sisa minyak atau partikel yang masih menempel di permukaan cobek. Selain itu, partikel beras halus juga berfungsi sebagai abrasif yang lembut, membantu menghaluskan permukaan cobek secara alami.

Bilas Hingga Bersih

Setelah mengulek beras, bilas kembali cobek dengan air bersih untuk menghilangkan sisa beras dan kotoran yang terangkat selama proses tersebut.

Step Keempat: Lumuri dengan Minyak Goreng

Lumuri seluruh permukaan cobek dengan minyak goreng, lalu ulek lagi hingga minyak menyerap di seluruh permukaan.

Kategori :