10 Cara Efektif Hilangkan Bau Badan Dengan Menggunakan Bahan-Bahan Dapur, Begini Caranya

Kamis 03-10-2024,21:00 WIB
Reporter : Dewi Lestari
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV. ID - Bau Badan Dapat Mempengaruhi Interaksi Sosial Secara Keseluruhan Karena Merasa Tidak Percaya Diri Dengan Bau Badannya.

Setiap orang memiliki bau badan yang pastinya berbeda-beda, bau bada juga sering kali terjadi ketika keringat yang berlebihan apa lagi setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Disaat tubuh berkeringat bakteri yang ada dikulit lebih cepat berkembang dengan mudah dan mampu memecah protein dalam keringat menjadi zat asam akibatnya membuat bau badan yang tidak sedap.

BACA JUGA:Hati-Hati, Penggunaan Pemutih Pada Produk Kapas Kecantikan Berisiko Pada Kesehatan Kulit

BACA JUGA:Pemerhati Anak Soroti Kasus Pembunuhan Pelajar di Kota Tasik, Kaitkan Kenakalan Remaja Dengan Pola Asuh Anak

Tapi jangan khawatir dengan masalah bau badan anda, ada beberapa cara yang efektif dan alami yang dapat mengatasi bau badan tanpa harus menggunakan produk-produk kima yang keras.

Apa Penyebab Bau Badan?

Mengutip Laman Kementrian Kesehatan Bau badan atau dalam istilah medis disebut bromhidrosis yang merupakan keadaan kronis di tandai dengan keluarnya bau tidak sedap secara berlebihan.

Nah Bau badan ini sering terjadi pada anggota tubuh tertentu seperti ketiak, telapak tangan, dan juga telapak kaki, namun hal itu lebih sering terjaadi pada ketiak.

Berikut Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Bau Badan Yaitu:

. Keringat berlebih dan bakteri di badan
. Kegemukan atau obesitas
. Penyakit gula darah
. Terdapat benjolan pada ketiak
. Pengaruh makanan, seperti bawang-bawangan, rempah-rempah, dan minuman beralkohol
. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
. Pengaruh genetik
. Kafein
. Monosodium glutamat (MSG)

BACA JUGA:Sering Dianggap Sepele, Selain Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak Ternyata Olahraga Pagi Hari Punya 8 Manfaat ini

BACA JUGA:Hindari Makanan Ini Jika Kamu Tidak Ingin Asam Lambung Kamu Naik

Bau badan membuat seseorang membatasi interaksi kepada orang sekitar, menganggu kualitas hidup, percaya diri, pekerjaan dan psikologis penderita.

Namun biasanya kondisi bau badan ini sering terjadi pada kaum laki-laki setelah pubertas, karena aktivitas fisiknya yang lebih banyak.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami:

1. Daun Sirih

Pasti Banyak orang yang sudah tahu dengan daun sirih ini, yang mana daun sirih ini sering digunakan sebagai pembersih area kewanitaan.

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk merawat ketiak, zat antibakteri dan anti jamur yang terkandung dalam daun sirih mampu menghambat pertumnbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.

2. Beking Soda dan Lemon

Gunakan dengan bahan beking soda dan lemon kombinasi tersebut menjadi salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi bau badan.

Beking soda memiliki kandungan bersifat basa yang membantu menetralkan keasaman keringat yang disukai oleh bakteri, sementara lemon sendiri kaya akan vitamin C, antioksidan dan juga dapat mencerahkan kulit di area ketiak.

BACA JUGA:Pemerataan Pembangunan, Pasangan Yusro Serap Aspirasi Warga di 10 Titik Pembangunan Masjid

BACA JUGA:Pemerataan Pembangunan, Pasangan Yusro Serap Aspirasi Warga di 10 Titik Pembangunan Masjid

3. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang adalah salah satu tanaman rempah asal Indonesia yang tumbuh secara tahunan dan mengahasilkan bunga, dan juga biji.

Bunga kecombrang selain memiliki arima yang menyegarkan juga dapat dikonsumsi, dan juga memiliki kandungan zat anti bakteri yang efektif menghilangkan penyebab bau badan.

4. Minyak Lavender

Cara untuk mengatasi bau badan selanjutnya dengan menggunakan minyak lavender yang sering dijual di apotek dan juga alfamart.

Minyak lavender ini tak hanya memberikan aroma yang menenangkan namun juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi bau pada ketiak.

5. Cuka Sari Apel

Memiliki kandungan antibkteri dan antimikroba pada cuka sari apel yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau badan, dikarenakan bersifat asam maka sebelum menggunakannya cuka sari apel di encerkan dengan campuran air.

6. Garam Epson

Garam Epson memiliki efek ditoksifikasi selain itu juga memberikan manfaat untuk merawat ketiak, garam Epson ini membantu menyerap keringat dan bisa menetralkan bau badan.

Cara menggunaka nya pertama rendamkan ketiak didalam air hangat yang telah dicampur dengan garam Epson, setelah itu diamkan selama 10-15 menit saja.

7. Tawas

Ternyata tawas memiliki sifat astringent yang mampu membantu mengurangi produksi keringat yang berlebihan dan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Cara memakainya cukup sederhana hanya dengan membasahi ketiak setelah itu gosok tawas hingga membentuk lapisan tipis dan terakhir tunggu sampai mengering sebelum mengenakan baju.

8. Minum Air Rebusan Daun Beluntas

Daun Beluntas mengandung fitokimia yakni senyawa tanin fenol, flavonoid, sterol, dan alkaloid yang bersumber antibakteri Ekstrak etanol, tak hanya itu daun beluntas mampu menghambat bakteri Streptococcus mutans, Bacillus subtilis, dan Pseudomonas aeruginosa.

9. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah saru sayuran hijau yang dapat dikonsumsi sebagai lalapan ketika makan, yang semua orang pasti pernah mencoba daun kemangi ini yang bau nya yang khas.

Daun kemangi juga memiliki minyak atsiri yang dipercaya mampu mengatasi bau badan serta mempunyai sifat antiseptik, nah praktis sekali bukan hanya dengan daun kemangi dapat mengatasi daun badan.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan sumber antioksidan dan antibakteri yang menjadi salah satu cara mengatasi bau ketiak, cara memakainya yaitu aplikasikan langsung gel lidah buaya ke area ketiak, biarkan semalaman setelah itu bilas hingga bersih pada pagi harinya.

Nah berikut beberapa cara efektif serta alami yang mampu mengatasi bau badan dengan sederhana bahan dan cara memakainya pun sangat mudah sekali.

Untuk itu tetap rawat tubuh kita semua agar terjaga dari bau badan dan tetap wangi sepanjang hari sehingga kita merasa percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Kategori :