Menghadapi Tantangan Ekstrem di Puncak Gunung: Ini 8 Persiapan Naik Gunung yang Harus Kamu Tahu!

Minggu 05-11-2023,11:58 WIB
Reporter : Klendi
Editor : Klendi

Radar Tasik TV - Persiapan naik gunung sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan kamu selama Naik Gunung. Sebab gunung berlokasikan di daerah tinggi sehingga sulit untuk sebagian orang dalam menaklukannya.

Terkadang bagi orang yang belum terbiasa menaiki gunung akan merasa kebingungan dalam menyesuaikan kondisi di kota dan di gunung.

BACA JUGA:Wisata Religi Pamijahan di Tasikmalaya yang Melegenda 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Riset Terlebih Dahulu tentang Gunung yang Akan Didaki

Sebelum akan mendaki gunung, kamu perlu mempelajari dengan baik tentang gunung yang akan didaki. Hal yang perlu cari tahu adalah tingkat kesulitan, ramalan cuaca, tingkat kesulitan, ketinggian, dan rute pendakian yang tersedia. Selain itu, kamu perlu mencari tahu apakah status gunung sedang dibuka atau ditutup untuk pendakian, sebab terkadang ada beberapa gunung yang ditutup dan tidak dibolehkan untuk melakukan pendakian karena sedang pemulihan ekosistem, cuaca ekstrim, kebakaran hutan, longsor, adanya aktivitas vulkanik atau erupsi, dan sebagainya. Lalu kamu perlu mencari tahu apakah status gunung sedang aktif atau tidak. 

2. Perhatikan Kondisi Kesehatan dan Kesiapan Fisik

Yang kedua kamu harus pastikan kondisi kesehatan kamu dalam kondisi yang baik dan memungkinkan untuk mendaki gunung. Jika ada kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan kondisi kesehatanmu dengan dokter sebelumnya. Jika kesehatanmu sedang dalam keadaan prima, maka lakukan latihan fisik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan untuk persiapan fisik yang optimal.

3. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Yang ketiga, pastikan kamu harus membawa peralatan dan perlengkapan yang lengkap dan sesuai yang dibutuhkan. Beberapa peralatan penting termasuk tenda, sleeping bag, matras, pakaian lapisan, sepatu gunung, alat masak, senter, pisau lipat, peta, kompas, dan botol minum.

4. Pakaian yang Tebal

Yang keempat, kamu harus kenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca dan lingkungan gunung. Gunakan lapisan pakaian yang tebal dan dapat disesuaikan untuk menghadapi perubahan suhu yang ekstrim dan cuaca yang tidak dapat diprediksikan.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tempat Wisata Alam di Galunggung Tasikmalaya

5. Makanan dan Air

Bawalah makanan yang cukup untuk persediaan selama pendakian. Pilih makanan yang ringan, bergizi, dan mudah disiapkan. Selain itu, pastikan kamu membawa air yang cukup atau alat penyaring air untuk mendapatkan air dari sumber di sekitar gunung. 

Kategori :