Mengenal Sejarah Gudeg Makanan Asal Jogja

Kamis 23-11-2023,19:00 WIB
Reporter : Nurohman
Editor : Nurohman

RADAR TASIK TV - Masyarakat Indonesia mengenal gudeg, terutama sebagai makanan khas Kota Yogyakarta. Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Gudeg karena popularitasnya.

Nangka muda, juga dikenal sebagai gudeg, direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa dan santan.

Dengan menambahkan berbagai bumbu, Gudeg terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang unik dan enak, yang sesuai dengan selera umum orang Jawa.

Sejarah gudeg ini memiliki cerita yang panjang. Gudeg sudah dikenal sejak zaman kolonial belanda. Tetapi sejarahnya berlanjut hingga abad ke-19 pada Serat Centhini dan hingga abad ke-14 pada awal Kerajaan Mataram.

Seorang profesor di Pusat Kajian Makanan Tradisional (PKMT), Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM dan penulis buku Gudeg Yogyakarta, Murdijati Gardjito mengatakan bahwa prajurit kerajaan pertama kali membuat gudeg karena mereka memiliki banyak buah nangka muda, melinjo, dan kelapa.

Gudeg basah merupakan gudeg yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama orang Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, permintaan akan Gudeg sebagai oleh-oleh meningkat seiring dengan munculnya Gudeg kering. Sekitar enam puluh tahun yang lalu, gudeg kering baru ditemukan.

Sifat kering gudeg membuatnya tahan lama dan sering dibeli sebagai oleh-oleh. Ini jelas berdampak pada munculnya industri rumahan yang menjual gudeg khas Yogyakarta.

Keunikan lainnya dari makanan gudeg yaitu kemasannya. Tidak jarang, ketika Anda membeli Gudeg, makanan khas Yogyakarta banyak dikemas dengan besek, yang merupakan bungkus dari anyaman bambu berbentuk segi empat yang dapat digunakan sebagai tempat makan.

Selain itu, biasanya gudeg dikemas dengan kendil, wadah yang terbuat dari tanah liat. Penjual gudeg terkenal di Yogyakarta, seperti Gudeg Wijilan, biasanya memiliki kemasan ini. Lokasi ini terkenal dengan penjual gudegnya.

Jika Anda kangen dengan rasa gudeg Yogya yang kaya akan rasa. Anda bisa membuat Gudeg ala Yogyakarta di rumah, berikut caranya:

BACA JUGA:Kamu Suka Makan Durian? Ini dia Jenis Durian Yang Harus Kamu Coba.

Bahan-bahan:

- 1 kg nangka muda

- 5 butir telur ayam rebus, dikupas terlebih dahulu

Kategori :