Bahaya Kecanduan Gadget Bagi Anak, Lakukan Ini Sebelum Terlambat

Jumat 15-12-2023,12:18 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Ima Hilmayanti

Dampak paling serius dari ketergantungan gadget pada anak adalah risiko terlambat bicara. Penggunaan gadget yang menggantikan interaksi langsung antara orang tua dan anak dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam berbicara.

Risiko terlambat bicara ini dapat terjadi jika aktivitas seperti bermain, membaca, dan berbicara digantikan dengan penggunaan gadget.

Pedoman waktu layar untuk berbagai kategori usia anak

Sebelum mengetahui cara mencegah dan mengatasi ketergantungan gadget pada anak, ibu perlu memahami pedoman waktu layar menurut WHO sesuai dengan usia anak. Berikut pedoman waktu layar untuk berbagai kategori usia anak:

Bayi di bawah 18 bulan sebaiknya tidak menggunakan media layar, kecuali untuk obrolan video dengan anggota keluarga. Gadget hanya boleh digunakan untuk video call dengan keluarga atau kerabat yang berada di tempat yang jauh.

BACA JUGA:Mengungkap Risiko Serius Ketergantungan Gadget pada Anak-Anak

Balita usia 18 hingga 24 bulan dapat menonton program atau bermain game yang sesuai dengan usia mereka. Orang tua harus menonton bersama mereka agar dapat memahami konten yang dilihat. Waktu layar harian sebaiknya tidak lebih dari 1 jam.

Balita usia 24 hingga 48 bulan disarankan untuk menggunakan gadget maksimal 1 jam dalam sehari. Kegiatan fisik juga perlu ditambahkan untuk mengalihkan perhatian dari penggunaan gadget.

Lima langkah untuk mencegah dan mengatasi ketergantungan gadget pada anak.

Ada lima langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah dan mengatasi ketergantungan gadget pada anak. Jika sudah terlanjur, orang tua dapat mengubah kebiasaan anak terhadap penggunaan gadget dengan strategi berikut:

1. Batasi penggunaan gadget dengan disiplin.

Patuhi aturan waktu layar yang tepat sesuai anjuran WHO dan aktifkan fitur kids mode pada gadget anak.

Beri pengawasan saat anak menggunakan gadget dan bantu mereka memahami konten yang mereka akses.

2. Kurangi waktu penggunaan gadget di depan anak.

Berikan contoh yang baik dengan mengurangi penggunaan gadget saat bersama anak. Interaksi antara orang tua dan anak sangat berpengaruh pada kebiasaan anak dalam menggunakan gadget.

3. Tingkatkan aktivitas di luar ruangan.

Kategori :