Alergi Makan Udang? Kenali Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Selasa 26-12-2023,21:28 WIB
Reporter : Ika Nuraeni
Editor : Ika Nuraeni

RADAR TASIK TV. Kamu alergi udang? Sudah tahu gejala dan cara mengatasinya belum? 

Alergi udah merupakan respons dari sistem kekebalan tubuh yang cukup berlebihan terhadap protein yang terkandung dalam udang. Dalam berbagai jenis udang, terdapat protein yang terkandung didalamnya. Seperti dalam udang garam, udang air tawar dan udang yang lainnya.

Biasanya, alergi udang sering terjadi pada orang-orang yang sudah dewasa daripada anak-anak. selain itu, biasanya alergi ini cenderung dialami sepanjang hidup.

Alergi yang disebabkan oleh udang, biasanya mempunyai gejala yang berbeda-beda. Mulai dari gejala alergi ringan sampai gejala alergi parah.

Untuk alergi yang ringan bisa terjadi selama beberapa menit dan untuk gejala alergi parah bisa terjadi sampai beberapa jam setelah kontak dengan udang.

BACA JUGA:5 Obat Alami Ini Dipercaya Dapat Meredekan Sakit Perut, Dijamin Tidak Mengandung Efek Samping

Alergi udang bisa menjadi masalah yang serius, apalagi jika sampai menyebabkan anafilaksis. Kondisi ini adalah alergi yang bisa mengancam jiwa dan membutuhkan pengobatan medis segera.

Untuk menghindari alergi ini, sebaiknya kamu menghindari makanan udang dan produk yang mengandung udang didalamnya. 

Agar kamu bisa mengobati dengan tepat saat mengalami alergi ini, sebaiknya kamu mengenali gejalanya dan mengetahui cara mengatasinya.

Gejala Alergi Udang dan Cara Mengatasinya

1. Gejala pembengkakan pada wajah, bibir atau lidah

Saat mengalami gejala ini, sebaiknya kamu segera mencari pertolongan medis. Kamu akan diberikan epinefrin atau entihistamin sebagai obat untuk mengatasi pembengkakan tersebut.

BACA JUGA:9 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Orang yang Belum Mengetahuinya

2. Gatal-gatal dan ruam kulit

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan salep atau antihistamin yang dapat meredakan gatal-gatal dan ruam pada kulit. Antihistamin dalam bentuk oral juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi reaksi terjadinya alergi.

3. Nyeri perut, muntah atau mual

Kamu bisa minum banyak air putih, dan hindarilah makanan atau minuman yang lain yang dapat memperparah gejala ini. Jika gejala terus berlanjut maka sebaiknya kamu langsung mengonsultasikannya kepada dokter.

4. Kesulitan bernapa atau sesak napas

Untuk mengatasinya, kamu bisa meminum epinefrin jika sudah diresepkan oleh dokter atau kamu menyediakannya.

BACA JUGA:Eitss, Jangan Anggap Remeh, Kuliner Ekstrem Indonesia ini Ternyata Berkhasiat Bagi Kesehatan

5. Pusing atau pingsan

Jika kamu sampai mengalami gejala pusing atau pingsan, sebaiknya kamu berbaring ditempat atau di area yang aman dan bersih. Jika gejala terus berlanjut, maka sebaiknya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter.

6. Reaksi anafilaksis

Gejala ini merupakan gejala alergi yang cukup darurat. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera hubungi layanan darurat dan jangan lupa untuk memberikan epinefrin sesuai dengan petunjuk medis.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :