Selain itu, nggak ada salahnya untuk sesekali me-time. Jangan sungkan-sungkan buat ngasih waktu untuk diri sendiri.
Misalnya, nonton film favorit, baca buku, atau sekadar jalan-jalan di taman.
Momen ini penting banget buat mereset atau merefresh pikiran dan energi kita yang udah dipake keras-keras buat urusan pekerjaan.
Nggak cuma itu guys, kunci dari "Work-Life Balance" juga ada di keahlian kita untuk bilang 'no'. Kalau udah kelewat ambisius dalam pekerjaan sampai-sampai merampas waktu kita untuk keluarga atau teman-teman, itu berbahaya loh.
BACA JUGA:Memahami Kekurangan Dan Kelebihan Freelencer, Penting Sebelum Kamu Memulainya
Jangan takut buat nolak tambahan proyek atau kerja lembur yang nggak seberapa penting.
Selain itu, benerin mindset juga diperlukan.
Jangan anggep pekerjaan itu sebagai beban hidup yang bikin kita nggak punya waktu buat yang lain.
Lihatlah pekerjaan sebagai bagian dari hidup yang bisa dinikmati.
Dengan begitu, kita bisa lebih santai dalam menjalani keseharian.
Gak kalah pentingnya, komunikasi dengan atasan dan rekan kerja juga jadi kunci.
Jangan malu buat ngobrolin soal beban kerja atau ketidaknyamanan kita.
Siapa tahu, ada solusi atau dukungan yang bisa kita dapatkan.
Komunikasi yang baik bisa mencegah kita dari tekanan berlebihan.
Terakhir, tetap aktif bergerak. Olahraga bisa jadi pelarian yang asik buat mengatasi stres.
BACA JUGA:Tips & Trik Lolos Tes Seleksi Anggota Polri, Lengkap dan Persyaratan Administrasi