Petani Kakao Keluhkan Penurunan Hasil Panen, Harga Kakao Juga Alami Penurunan Di Pasaran

Petani Kakao Keluhkan Penurunan Hasil Panen, Harga Kakao Juga Alami Penurunan Di Pasaran

Petani Kakao Keluhkan Penurunan Hasil Panen, Harga Kakao Juga Alami Penurunan Di Pasaran - Fajar--

RADAR TASIK TV - Desa Sirnajaya, Kecamatan Karangjaya, merupakan salah satu desa sentra penghasil tanaman kakao di Kabupaten Tasikmalaya, di Desa ini mayoritas masyarakatnya, berprofesi sebagai petani kakao.

Sudah sejak lama masyarakat di Desa Sirnajaya berprofesi sebagai petani kakao, selain karena menghasilkan, harga kakao juga terbilang stabil di pasaran.

Namun kini, para petani juga mengeluh akan menurunnya jumlah kakao yang dapat mereka hasilkan di ladang. Salah satu petani yang mengalami dampak penurunan adalah Tuti, dirinya sudah 15 tahun menjadi petani kakao.

Tuti menyebut biasanya dirinya bisa menghasilkan 1 sampai 2 kwintal setiap minggu, namun pada hari ini dirinya dirata-rata hanya mampu menghasilkan 50 kilogram saja dalam seminggu.

Selain penurunan jumlah kakao yang dihasilkan, Tuti juga mengeluh karena harga kakao hari ini juga mengalami penurunan, yang semula 135 ribu per kilonya, sekarang menjadi 95 ribu perkilonya.

Namun Tuti juga berharap, kondisi seperti ini tidak berlarut-larut cukup lama, pasalnya sebagian masyarakat setempat menggantungkan hidupnya dari penghasilan berjualan kakao.

BACA JUGA:Theo Hernandez Beri Sinyal Tinggalkan AC Milan

BACA JUGA:Warung Mak Beng, Destinasi Kuliner di Bali Dinobatkan Sebagai Peringkat Ketiga Restoran Legendaris Dunia

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: