Kenapa Budi Daya Daun Kratom Akan Diatur Pemerintah? Ini Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Kenapa Budi Daya Daun Kratom Akan Diatur Pemerintah? Ini Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman soal kenapa budi daya daun kratom akan diatur pemerintah. Foto: Tangkapan layar--

Rapat terbatas juga membahas prospek ekspor kratom yang saat ini harga kratom pasar telah menurun cukup drastis menjadi 2 hingga 5 dolar per unit.

Padahal sebelumnya harga Kratom di pasaran mencapai 30 dolar.

Nah, dengan kondisi tersebut, pemerintah berharap dengan regulasi yang tepat, budidaya kratom dapat diorganisasi lebih baik melalui korporasi sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas dan stabil dalam pasokan.

“Yang terpenting kuantitasnya, dalam hal ini kuantumnya, kemudian kualitasnya sehingga dulu harga 30 dolar, sekarang jatuh sampai 2 dolar, 5 dolar, nah ini jatuh terlalu rendah,” ucap Mentan.


Daun Kratom. Foto: Freepik--

Sedangkan aturan teknis terkait budidaya kratom diharapkan juga dapat segera ditetapkan untuk memfasilitasi proses budidaya yang lebih terstruktur dan produktif. 

Mentan optimistis bahwa dengan harga yang menguntungkan, budidaya kratom dapat menjadi pilihan yang menjanjikan bagi petani di Indonesia.

“Kita tunggu, nanti begitu regulasinya sudah ada, budidayanya insyaallah mudah, kenapa? Karena harganya baik, harganya bagus, pernah mencapai 30 dolar,” tutur Mentan.

Rapat terbatas ini menegaskan komitmen pemerintah dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam Indonesia melalui pengelolaan yang terencana dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: