Kenapa Budi Daya Daun Kratom Akan Diatur Pemerintah? Ini Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Kenapa Budi Daya Daun Kratom Akan Diatur Pemerintah? Ini Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Penjelasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman soal kenapa budi daya daun kratom akan diatur pemerintah. Foto: Tangkapan layar--

RADAR TASIK TV — Budi daya daun Kratom akan diatur pemerintah.

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 20 Juni 2024. 

Dalam rapat tersebut fokus pembahasannya yaitu potensi budidaya kratom di Indonesia, sebagai langkah untuk meningkatkan nilai ekonomis dan kualitas produksi tanaman yang tengah mengalami penurunan harga cukup drastis.

Usai rapat terbatas, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan penjelasan soal pemerintah akan mengatur budidaya kratom di Indonesia.

BACA JUGA: Kylian Mbappe Dilarang Pakai Topeng Perancis Saat Menghadapi Belanda

BACA JUGA: Pesona Wana Wisata Pokland Haurwangi, Spot Hammocking View Aliran Sungai Citarum Dari Ketinggian

Karena, kata Amran Sulaiman, agar nilai ekonomi dan kualitas dari tanaman kratom dapat terus meningkat.

“Saran kami nanti mungkin kalau ini regulasinya sudah diatur mungkin kita budidayakan ke depan supaya nilai ekonomisnya, kualitasnya, dan seterusnya bisa meningkat karena harga sekarang ini turun drastis karena banyak faktor: kualitasnya, kemudian distribusinya, dan seterusnya,” ujar Mentan Amran Sulaiman kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Saat ini, kata Amran Sulaiman, pemerintah sedang mempertimbangkan mengatur kratom di bawah naungan Kementerian Pertanian dengan membentuk korporasi. 

Jadi melalui korporasi diharapkan kualitas dan kontinuitas produksi kratom dapat terpenuhi sebagai syarat utama untuk meningkatkan ekspor dan kesejahteraan petani.

BACA JUGA: Madura United Ditinggal Dua Pemain Andalan Malik Risaldi dan Francisco Rivera, Ada yang Berlabuh ke Persebaya

BACA JUGA: Lionel Messi: Gelar Piala Dunia Argentina adalah Balas Dendam atas Kegagalan Tahun 2014

“Kalau ada koperasi yang mengelola ini kita korporasikan sehingga kualitasnya terjamin, kuantitasnya terjamin, karena itu syarat untuk ekspor. Kalau kualitasnya terjamin, pasti otomatis meningkatkan kesejahteraan petani kita,” ungkap Amran Sulaiman.

Harga Kratom di Pasar Saat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: