Waktu Libur Kamu Sebentar, Tapi Ingin Mendaki ? 5 Rekomendasi Gunung Di Jawa Barat Untuk Tektok

Waktu Libur Kamu Sebentar, Tapi Ingin Mendaki ? 5 Rekomendasi Gunung Di Jawa Barat Untuk Tektok

Salah Satu Keindahan Gunung Bagi Kamu Pecinta Alam (foto: freepik)--

Gunung Papandayan Merupakan salah satu gunung merapi stratovolcano yang berada di kabupaten garut, Jawa Barat, lebih tetapatnya berada DI kecamatan Cisurupan.

Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl diatas permukaan laut,terletak sekitar 70km sebelah tenggara kota bandung. Waktu yang dinbutuhkan dalam mendaki gunung ini yaitu 1 – 2  jam untuk sampai dihutan mati. 

Track pendakiannya pun mayoritas tangga batu, total tektok bisa memakan waktu sekitar 5 jam dengan istirahat.

Bukan hanya untuk tektok, gunung papandayan ini juga mempunhai beberapa kawah yang terkenal, diantaranya, kawah mas, kawah baru, kawah nangklak dan kawah manuk.

BACA JUGA:Keindahan Hutan Vinus Karacak Valley

BACA JUGA:6 Objek Wisata Hits di Jawa Barat Tahun 2024, Cocok untuk Liburan Keluarga

4. Gunung Gede

Gunung gede merupakan salah satu gunmung merapi berbentuk kerucut. Gunung Gede sendiri berada di ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango.

Keberadaann gunun gede ini terletak di dua wilayang kabupaten yaitu kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Ketinggian gunung ini mencapai 2.958 mdpl .

Waktu pendakian yang dibutuhkan untuk sampai dipuncak yaitu sekitar 4 – 5 jam. Track pendakiannya yaitu tangga batu dan tanah berakar, total ewaktu tektok yang dibutuhkan sekitar 8 – 9 jam  dengan istirahat.

5. Gunung Pangrango

Terakhir yaitu gunung Pangrango, gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai.  Gunung ini terletak percis bersebelahan dengan Gunung Gede di sebelah Tenggara dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Panghrango. 

Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 3.019 diatas permukaan laut. Puncaknya dinamakan puncak Mandalawangi, puncak ini merupakan titik pertemuan antara batas 3 kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Membutuhkan waktu sekitar 4 – 7 jam untuk mencapai puncaknya, track pendakian erupakan tangga berbatu, jembatan dan tanah berakar. Total tektok yang dibutuhkan dengan istirahat yaitu sekitar 10 – 11 jam.

BACA JUGA:Liburan Keluarga di Taman Selabintana, Spot Wisata yang Menjadi Gerbang Menuju Kawasan Gunung Gede

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: