Awas Merusak Mental! Ini Dia Tipe Rekan Kerja Yang Toxic, Jangan Sampai Terjebak

Awas Merusak Mental! Ini Dia Tipe Rekan Kerja Yang Toxic, Jangan Sampai Terjebak

Merusak Mental! Ini Dia Tipe Rekan Kerja Yang Toxic, Jangan Sampai Terjebak (Foto: Freepik)--

RADAR TV TASIK - Ternyata dunia kerja gak cuman masuk kerja pulang dan gajian, kenyataannya kita akan bertemu dan harus memahami dari berbagai karakter orang di tempat kita bekerja.

Pernah gak sih kamu ketemu teman kantor yang toxic? Orang seperti ini bisa membuat suasana kantor menjadi tidak nyaman dan penuh dengan masalah. 

Kadang kita merasa lelah bukan karena pekerjaannya tapi karena orang-orang toxic ditempat bekerjanya. Beberapa diantaranya hanya bisa terpaksa menerimameski tak nyaman karena takut kehilangan pekerjaannya.

Selain kenyamanan dalam bekerja, rekan keja yang toxic juga bisa mempengaruhi kesejahteraan dan menyerang mental rekan kerja lainnya. Maka tak jarang membuat banyak pekerja yang malas untuk berangkat dan produktif dalam bekerja karena mereka merasa terganggu.

BACA JUGA:Ciri-ciri Lingkungan Kerja Toxic dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Sering Mengantuk Saat Bekerja, Intip 10 Tips Menghilangkan Rasa Mengantuk saat Bekerja

Nah, biar kalian tidak terjebak dalam lingkungan kerja seperti itu, yuk kenali tipe teman kerja toxic yang harus kalian hindari:

1. Menyebarkan rumor atau gosip

Orang toxic apapun selalu ingin dibicarakan pada orang lain dan menyebarkan informasi yang tidak benar tentang rekan kerjanya agar orang tersebut terlihat lebih baik oleh rekan yang lainnya. Perlu diingat hal ini juga bisa merusak reputasimu.

Mereka gak bisa menjaga rahasia dan hanya berani membicarakan hal negatif dibelakang rekan kerjanya, sampai memfitnah hal yang tak sesuai kenyataannya. 

2. Kritik yang tidak kontstruktif

Orang toxic ketika mengkritik namun bukannya memberikan solusi justru malah merendahkan orang lain. Mereka juga sering menyalahkan tanpa dasar yang jelas hingga meremehkan pekerjaan orang lain, namun tidak mau menerima kritikan orang lain kepada dirinya sendiri.

3. Kurang Kontribusi dan kerja sama

Kurang bekerja sama dalam tim karena bisanya hanya menuntut dan memerintah tanpa memberikan kontribusi apapun dalam pekerjaan. Mereka lebih suka melemparkan tanggung jawabnya kepada orang lain. Seringkali menghambat kemajuan dalam suatu pekerjaan.

BACA JUGA:Tips Menghabiskan Akhir Pekan dengan Efektif untuk Menjaga Semangat Bekerja pada Hari Senin

4. Manipulatif 

Menggunakan strategi yang negatif untuk mencapai keinginannya. Mereka suka mengatur hidup orang lain sesuai keinginannya dan maunya harus selalu terpenuhi. Mereka juga tidak mau memahami terhadap pandangan berbeda dari orang lain. Mereka juga bermuka dua sering terlihat baik didepan padahal jaht ke rekan kerjanya.

5. Negativitas

Selalu menyebarkan sikap negatif terhadap orang lain dan menularkan sikap pesimis, dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat sehingga memperkeruh suasana. Mereka seringkali membanding-bandingkan yang membuat rekan kerja merasa tidak nyaman.

6. Tidak punya empati

Orang toxic tidak punya empati sama sekali, dan hanya fokus pada kepentingan diri mereka sendiri tanpa memikirkan bagaimana perasaan dan kebutuhan orang lain, dan dampak yang ditimbulkan pada orang lain. Mereka juga memiliki sifat yang egois dan tak mau mengerti atau peka, akan menghakimi ketika rekan kerja punya masalah dan tidak memberikan dukungan.

BACA JUGA:Lowongan Pekerjaan Di Surabaya? Solusi Bagi Yang Belum Bekerja

7. Merasa paling senior

Mereka merasa senior dan superior, merasa bekerja paling lama dari rekan kerja yang baru sehingga seringkali bertindak seenaknya dan memerintah tanpa melihat jabatan mereka. Ketika dirinya melakukan kesalahan dan ditegur selalu tersinggung dan menyangkut pautkan tentang senioritas hingga menyalahkan orang lain atas kesalahannya.

Gimana apakah rekan kerjamu memiliki tanda-tanda diatas? Klo iya, lebih baik hindari dan fokuslah pada hal-hal yang lebih positif dan produktif dalam pekerjaanmu tanpa ikut campur dan berbicara dengan orang-orang seperti itu. Hal ini juga akan membatasi agar tidak mempengaruhi suasana dan pikiranmu. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: