Musim Pancaroba, Berikut Tips Menjaga Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit

Musim Pancaroba, Berikut Tips Menjaga Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit

Menjaga Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit dan Masuk Angin. Beginilah beberapa tipsnya! (foto by google)--

RADARTASIKTV.ID- Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi kita semua, yakni untuk menjaga kita agar tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi.

Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen ternyata dipercaya mampu untuk meningkatkan daya tubuh untuk menghindari dari pilek dan infeksi yang mudah menular pada tubuh kita.

Masuk angin adalah istilah umum yang digunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan kondisi mirip dengan perasaan tidak sehat.

Masuk angin bisa dikategorikan dengan penyakit ISPA yang dimana bisa menggambarkan kondisi yang sangat mirip dengan flu.

BACA JUGA:Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik ? Simak PenjelasannyaBACA JUGA:Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik ? Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Minum, Ini Waktu Mujarab Untuk Dapatkan Khasiat Air Kelapa Muda

Beberapa orang merasa sudah terbiasa dengan gejala masuk angin, namun dengan begitu agar kita lebih terlindungi dengan adanya gejala masuk angin.

Berikut dibawah ini ada beberapa tips untuk membantu kalian agar tidak mudah asuk angin dan imun daya tubuh kalian tetap sehat:

1.   1. Minum Suplemen/Vitamin

Mengonsumsi suplemen salah satu cara yang dapat menjadikan tubuh kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus meningkatkan kekebalan yang ada dalam tubuh.

Khususnya untuk kondisi kita ketika masuk angin atau gejala yang mirip flu, mengonsumsi suplemen seperti seng, selenium sampai vitamin D dapat mencegah adanya masuk angin.

Pada tahun 2013 studi menyatakan bahwa jika mengonsumsi suplemen khususnya yang mengandung seng, dalam waktu 24 jam setelah gejala masuk angin efeknya bisa mempercepat proses pemulihan tubuh.

Para ahli kesehatan menyarankan agar mengonsumsi suplemen secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan.

BACA JUGA:Kaum Hawa Wajib Tahu, 5 Risiko Wanita Yang Malas Berolahraga, Yuk Simak!

BACA JUGA:Minuman Herbal Ini Ampuh Atasi Asam Lambung, Begini Cara Mudah Membuatnya

2.   2. Konsumsi Asupan atau Makanan yang Sehat

Tubuh yang mengalami kekurangan gizi, dapat membuat sistem imun melemah. Oleh karena itu virus menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh dan terserang penyakit di tubuh kita.

Baik ringan, sedang hingga berat. Dalam asupan sehari-hari, setidaknya kita mengonsumsi makanan bergizi juga sehat dengan llengkap.

3.   3. Istirahat yang Cukup

Pastikan kalian mendapatkan tidur dan istirahat yang cuku. Kalo istirahat kita cukup, tubuh kitapun akan merasa  lebih baik dalam melawan penyakit dan gejala yang  ada di tubuh kita. Termasuk dengan gejala-gejala masuk angin.

4.   4. Badan  tetap Terhedrasi

Banyakin mengkonsusmi air putih, agar tubuh kita tetap terdehidrasi dan baik untuk memulai  hari-hari.

5.   5. Pakai pakaian yang nyaman dan Bersih (tidak basah)

Penting sekali bagi kita semua untuk menjaga pakaian kita agartetap bersih, selain nyaman dipakai memakai pakaian bersih menghindari kita dari kuman-kuman atau bakteri yang menempel pada pakaian.

Sering kita tidak sadari, gejala maasuk angin bisa hadir juga karena kita yang menggunakan pakaian yang kurang bersih.

Selain itu, jangn pernah lupa untu slalu mencuci tangan atau menggunakan tisu basah untuk tetep menjaga kebersihan tanga kita.

6.   6. Tidak Stres

Tingkat stres yang paling tinggi, bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh  yang dapat mengakibatkan mudahnya badan terkena paparan penyakit.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

BACA JUGA:Manfaat Makan 6 Siung Bawang Putih Panggang, Ini Efeknya dalam Tubuh 24 Jam, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Hati-hati! 3 Gejala Ini Menandakan Kamu Terkena DBD, Lakukan Ini Untuk Mengantisipasinya

semoga tips di atas bisa membantu tubuh kalian agar tidak mudah terkena masuk angin. Namun, jika Anda memiliki gejala yang cukup parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan  yang ada di sekitar.

Jika beberapa tips yang telah dipaparkan di atas dan suplemen tidak bisa dipercaya oleh kalian dari penyakit atau infeksi, ada baiknya kalian konsultasikan kondisi kalian pada dokter.

Untuk panduan dan bantuan yang  lebih lanjut. Semoga kalian selalu sehat dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: