Tanda Kamu Kena Mental Block: Salah Satu Cirinya Kamu Sering Meragukan Diri Kamu Sendiri

Tanda Kamu Kena Mental Block: Salah Satu Cirinya Kamu Sering Meragukan Diri Kamu Sendiri

Tanda Kamu Kena Mental Block ! Salah Satu Cirinya Kamu Sering Meragukan Diri Kamu Sendiri !--

RADAR TASIK TV – Jika kamu sering merasa terus meragukan diri kamu dalam hal apapun, bisa jadi kamu salah satu orang yang mengalami mental block. Lalu apasih yang di maksud mental block itu ?

Mental block adalah dimana sebuah kondisi psikologis yang dapat menghalangi diri kamu untuk bisa berfikir dengan jernih untuk mengeksplore kreativitas mu serta motivasi atau dimana kondisi mental seseorang merasa meragukan dirinya sendiri.

Ketika seseorang megalami mental block, mereka seolah-olah terjebak dalam kemampuannya untuk bisa berfikir jernih dan menyelesaikan tugas dengan baik. Rasa ragu ini muncul pada seseorang yang dihadapkan pada banyak pilihan atau tekanan yang membuat seseorang bingung untuk mengambil keputusan, sehingga membuat dirinya merasa tidak percaya pada kemampuan yang ada dalam dirinya.

Dampak dari meragukan diri menyebabkan beberapa masalah seperti, hilangnya motivasi dalam dirinya, frustasi, dan kecemasan. Ketika seseorang sedang berada dalam fase ini, kemampuan kepercayaan diri mereka untuk bisa memotivasi dirinya akan menurun dan mereka terjebak dengan pola pikir negatif sehingga sulit untuk menghasilkan ide-ide baru.

BACA JUGA:Yuk Mengenal Mental Health, Kesehatan Mental Wajib Kita Jaga!

BACA JUGA:Penting! Ini Dia Faktor Penyebab Mental Health yang Berakibat Buruk

Faktor yang memicu terjadinya mental block

Kondisi mental block dapat dipicu oleh berbagai fakktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis. Berikut beberapa faktor yang sering menjadi enyebab adanya mental block.

  • Terlalu banyak menganalisis
  • Beban kerja yang berlebih
  • Perasaan tidak percaya diri
  • Kelelahan mental dan fisik.
  • Berfikiran negatif

Jenis – jenis mental block

Salah satu tanda bahwa diri kamu sedang mengalami mental block yaitu dengan meragukan dirimu sendiri atau bisa disebut “self doubt”, fenomena ini seering kali bersamaan dengan beberapa faktor lain yang dapat memperburuk kondisi mental seseorang. Ada beberapa jenis mental block yang mungkin kamu sedang alami saat ini juga.

Self doubt

Self doubt merupakan kondisi dimana kondisi psikologis yang menghambat pencapaian diri untuk memenuhi suatu tujuan dan mengembangkan potensi dirinya. Self doubt menjadikan ketidak percyaan diri hingga meragukan kemampuan, dan sulit mengambil keputusan, rasa ini muncul ketika kamu menghadapi tantangan.

Comparison 

Comparison atau lebih dikenal dengan perbandingan, merupakan dimana kondisi mental seseorang yang terus menerus membandingkan dirinya dengan orang lain. Ini merupakan sebuah kebiasaan yang terbilang tidak baik untuk kesehatan mental diri seseorang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: