Mau Refund Tiket di Traveloka? Artikel ini Bakalan Ngebantu Kamu!

Mau Refund Tiket di Traveloka? Artikel ini Bakalan Ngebantu Kamu!

RadarTv - Munculnya kendala yang tidak direncanakan kadang dapat membuat kita terpaksa harus membatalkan pesanan karena satu dan lain hal. Terkadang kita kebingungan dan merasa ragu untuk membatalkan pesanan karena dinilai merepotkan dan rumit untuk mengurus hal administrasi. Bagi kamu yang sudah terlanjur memesan tiket pada Traveloka namun terdapat kendala ataupun ada suatu hal yang tidak sesuai dengan yang kamu pesan, refund tiket dapat menjadi solusi yang kamu butuhkan, daripada membiarkan tiket hangus dengan sia-sia. Terkadang terbesit pertanyaan seperti berapa lama untuk proses refund tiket di Traveloka? Apakah biaya refund akan kembali utuh 100 persen? Apa saja syarat refund tiket di Traveloka? Kamu dapat melakukan cara ini baik dengan aplikasi mobile Traveloka atau di website Traveloka sendiri. Berikut adalah cara untuk melakukan proses refund tiket di Traveloka. Cara dan Ketentuan Refund Tiket di Traveloka 1. Pertama, masuk pada akun Traveloka kamu. Jika kamu belum memiliki akun Traveloka, maka kamu dapat registrasi terlebih dahulu menggunakan email yang kamu pakai saat memesan tiket. Proses ini dapat dilakukan pada aplikasi Traveloka maupun website Traveloka sendiri 2. Setelah melewati tahap pertama, pilih opsi Pesanan Saya. Halaman tersebut akan menunjukan semua list pesanan atau tiket milik kamu sebelumnya 3. Tentukan mana tiket atau pesanan yang ingin kamu ajukan Refund. Lalu pilih opsi Detail untuk mengetahui detail pesanan kamu. Lalu, pilih opsi e-tiket dan cari tombol Refund & Reschedule 4. Silahkan pilih opsi Refund 5. Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju halaman “Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka” 6. Terdapat kotak kecil yang bertuliskan Saya Menyetujui Syarat & Ketentuan Refund, lalu ceklis kotak tersebut untuk menyetujui pengajuan refund 7. Klik opsi Langkah Selanjutnya atau Lanjutkan 8. Pilih pesanan atau tiket mana yang hendak kamu refund dengan cara memenuhi nama penumpang, dan apa alasan kamu memutuskan untuk mengajukan refund 9. Setelah itu, tekan tombol Ajukan Refund maka perngajuan refund kamu akan diproses oleh Traveloka Tinjauan status refund akan terus diupdate oleh pihak Traveloka sehingga kamu dapat melihat status terbarunya pada aplikasi. Cara Refund Tiket Kereta Api di Traveloka Sayangnya, aplikasi Traveloka sendiri tidak mendukung pengembalian dana e-tiket dari KAI dengan otomatis sebab adanya kebijakan dari PT KAI itu sendiri. Oleh karena itu, proses refund tiket kereta hanya dapat diajukan di stasiun saja. Untuk pengajuan refund, kamu tidak harus pergi ke stasiun keberangkatanmu, namun bisa memilih salah satu stasiun yang menyediakan pengajuan refund, seperti sebagai berikut: 1. Refund tiket kereta api hanya dapat dibatalkan dengan maksimal waktu 1 jam sebelum keberangkatan 2. Bawa e-tiket yang sudah kamu print dan juga KTP maupun paspor sebagai identitas pribadi 3. Bagi penumpang yang berusia di bawah 17 tahun maka bisa menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa maupun Pelajar sebagai gantinya 4. Isi dan penuhi informasi data yang berada di formulir pengajuan refund 5. Kamu harus menunggu nomor antrean untuk menuju ke Customer Service PT KAI 6. Serahkan formulir maupun data yang telah kamu isi tadi 7. Serahkan tiket yang sudah kamu cetak dan juga identitas pribadi seperti KTP dan paspor 8. Kamu dapat memilih mana metode refund yang dapat kamu lakukan, apakah tunai atau berupa transfer pada rekening bank 9. Selanjutnya, untuk proses pengajuan refund kamu perlu pergi ke stasiun jika memilih opsi refund melalui tunai, lalu jika kamu memilih opsi transfer rekening bank maka KAI akan mengirimkan SMS untuk refund. Perlu diingat jika kamu ingin melakukan pengajuan refund namun mewakili penumpang lain, maka kamu wajib membawa surat kuasa dengan materai Rp10.000 yang ditandatangani oleh penumpang yang ingin kamu wakili. Lalu kamu juga memerlukan kartu identitas dari penumpang tersebut beserta fotokopinya, lalu kartu identitasmu juga beserta fotokopinya. Refund oleh PT KAI akan memakan sekitar 30 hari setelah kamu mengajukannya. Jika kamu masih kebingungan mengenai regulasi refund kereta pada PT KAI, maka kamu dapat menghubungi nomor 021 121 dengan berlaku 24 jam. Semoga Bermanfaat!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: