Waspada Diabetes, Warga Wajib Cek Kesehatan 1 Tahun Sekali

Waspada Diabetes, Warga Wajib Cek Kesehatan 1 Tahun Sekali

Foto: Hasbi--

RADAR TASIK TV - Hari diabetes sedunia (HDS) dicanangkan oleh PBB pada Tahun 2007 dan diperingati setiap tahun pada tanggal 14 November.

Peringatan HDS Tahun 2023 kali ini mengusung tema global “know your risk, know your response” dan tema nasional adalah “deteksi dini, segera atasi, cegah komplikasi”.

Pesan utama dari peringatan HDS Tahun 2023 bahwa 1 dari 10 orang dewasa di seluruh dunia, merupakan penyandang diabetes yang mayoritasnya merupakan diabetes tipe 2.

Sebagian besar kasus diabetes di masyarakat belum terdiagnosis. Dalam banyak kasus, diabetes tipe 2 dan komplikasinya dapat dicegah dengan menerapkan dan menjaga pola hidup sehat.

Untuk itu masyarakat perlu memahami risiko serta menentukan tindakan apa yang harus dilakukan dalam rangka pencegahan, diagnosis dini, dan pengobatan tepat waktu.

Memperingati HDS 2023, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, menggelar sejumlah kegiatan. Ketua tim kerja penyakit tidak menular, Ruj'atun Ulfah, menuturkan, kegiatan diawali deteksi dini lanjutan penyandang DM yang ada di puskesmas,  dengan peserta 2 orang penyandang dm dari 22 puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Olahraga yang Sesuai Umur untuk Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan

Setelah dilakukan proses screning, para penyandang DM yang sudah terdeteksi, diharapkan tidak terjadi komplikasi lain seperti pada jantung, gunjal dan kolesterol.

 Ruj'atun juga berharap masyarakat bisa melaksanakan screening, minimal sekali dalam setahun, tertuama screening penyakit tidak menular seperti DM dan hipertensi.

 Simak Selangkapnya Dalam Berita Video Berikut Ini:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: