Olahraga yang Sesuai Umur untuk Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan

Olahraga yang Sesuai Umur untuk Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan

Sumber : www.freepik.com--

RADAR TASIK TV - Olahraga adalah bagian integral dari gaya hidup sehat, tetapi penting untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia Anda.

Berbagai tahap kehidupan manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda, dan memilih olahraga yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental sepanjang hidup.

Setiap orang dalam berbagai rentang usia setidaknya diwajibkan untuk berolahraga setiap harinya. Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis olahraga yang sesuai dengan berbagai rentang usia.

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan, Ini Durasi Olahraga yang Ideal agar Tetap Sehat

Seiring usia bertambah maka berbeda pula jenis olahraga yang dianjurkan berikut olahraga yang bisa dilakukan sesuai kelompok umur:

⦁ Anak-anak

Anak-anak biasanya beraktivitas seperti berlarian, melompat, memanjat, dan bermain bersama kawan-kawannya hal tersebut sudah termasuk aktivitas olahraga karena menggerakan badannya. 

Anak-anak dianjurkan berolahraga setidaknya satu jam setiap hari. Mereka harus mencoba berbagai jenis olahraga untuk meningkatkan keterampilan mereka, seperti berenang, memukul, dan menendang bola.

Hal ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otot dan kesehatan jantung mereka. Bermain di taman dengan teman sebaya juga baik untuk pertumbuhan mereka.

⦁ Remaja

Saat beranjak remaja, aktivitas yang dilakukan pun cukup jauh berbeda dibandingkan masa kanak-kanak.

Namun, kebiasaan olahraga, terutama pada anak perempuan, cenderung menurun di usia remaja, meskipun olahraga memiliki manfaat untuk membangun tubuh dan membantu mengelola stres dan kecemasan.

Karena berolahraga tim lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan keterampilan sosial, remaja disarankan untuk berpartisipasi dalam olahraga tim.

Jika mereka tidak suka berpartisipasi dalam olahraga tim, olahraga lain seperti berenang atau atletik dapat menjadi pilihan untuk mempertahankan tingkat kebugaran yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: