Gak Bikin Boros, 6 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kuliahan Ini Bisa Jadi Solusi

Gak Bikin Boros, 6 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kuliahan Ini Bisa Jadi Solusi

Tangkapan layar:gramedia.com-tips hidup hemat ala anak kuliahan--

RADAR TASIK TV. Siapa nih yang lagi merantau jadi pelajar? Menjadi seorang pelajar yang hidup di perantauan, bukanlah hal yang mudah. Perjuangan untuk mengejar cita-cita tentunya butuh pengorbanan. 

Diantaranya, harus berhubungan jauh dari keluarga, menjaga kesehatan dan harus pintar mengatur keuangan yang hanya mengandalkan bekal dari orang tua saja. Oleh karena itu, kamu wajib tahu dan mempunyai tips hdup hemat ala anak kuliahan.

Dalam artikel ini, penulis akan mengulas dan membagikan beberapa tips agar kamu tetap hemat. Tips ini, akan berguna untuk kamu sebagai anak kuliahan atau pelajar.

Selain untuk menghemat, kamu juga bisa menabung yang berguna untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga. Dan tentunya, perjalanan kuliah menuju akhir itu terkadang membutuhkan pengeluaran yang harus kita siapkan. Yuk, simak!

BACA JUGA: Jangan Mudah Menyerah, Inilah 4 Tips beta kuliah di luar negeri!

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kuliahan

Berikut ini adalah beberapa tips hidup hemat ala anak kuliahan yang bisa kamu terapkan, untuk kamu pelajar yang hidupnya harus hemat.

1. Pembuatan Anggaran Keuangan

Buatlah anggaran keuangan secara rapi dan rinci. Membuat anggaran ini, akan berguna untuk mengatur pengeluaran keuangan kamu lebih hemat. Diantaranya, seperti mengatur biaya kuliah, biaya transportasi, tagihn bulanan lainnya dan untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga harus membatasi pengeluaran agar uang yang kamu keluarkan tidak berlebihan.

BACA JUGA: Mau kuliah Sambil Kerja? Lakukan 10 Tips Ini Agar Kamu Berhasil Membagi Waktu

2. Cari Alternatif yang Murah

Carilah alternatif yang lebih murah dalam membeli makanan, minuman, transportasi dan hiburan atau liburan. Kamu bisa makan dengan masakan sendiri, menggunakan transportasi umum dan memanfaatkan fasilitas kampus atau mencari kegiatan hiburan yang gratis.

3. Hindari Gaya Hidup yang Konsumtif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: