KPU Ciamis Rekrut Sebanyak 27 Ribu KPPS, Para Calon Tidak Boleh Terafiliasi Dengan Partai Politik

KPU Ciamis Rekrut Sebanyak 27 Ribu KPPS, Para Calon Tidak Boleh Terafiliasi Dengan Partai Politik

Foto: Rudiat--

RADAR TASIK TV - Seiring pelaksanaan pemilu 2024 semakin dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, terus mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menyukseskan gelaran pileg dan Pilpres yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Salah satunya KPU Kabupaten Ciamis membuka rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), yang akan dimulai pada tanggal 11 hingga 15 Desember 2023, dengan salah satu syarat yaitu calon anggota KPPS berusia 17 hingga 55 tahun.

Selain harus memenuhi syarat administrasi, para calon pendaftar KPPS tidak boleh terafiliasi dengan partai politik maupun tercatat sebagai peserta pemilu, baik sebagai simpatisan, kader, relawan maupun timses calon peserta pemilu 2o24.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Ciamis, jumlah anggota KPPS yang dibutuhkan untuk pemilu 2024 di Kabupaten Ciamis, mencapai 27.601 orang yang nantinya akan bertugas di 3.943 TPS, dengan rincian per TPS sebanyak 7 orang petugas KPPS ditambah 2 orang petugas Linmas.

Bagi para pendaftar yang dinyatakan lolos menjadi KPPS, nantinya akan bekerja selama satu bulan, terhitung sejak tanggal 25 januari hingga 25 Februari 2024.

Seperti yang disampaikan koordinator bidang Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Ciamis, Muharam Kurnia Drajat, menurutnya, besaran honor untuk KPPS pada pemilu 2024, mengalami kenaikan hingga 100 persen, dibandingkan dengan pemilu 2019, sebelumnya untuk anggota mendapatkan upah sebesar 500 ribu kini dinaikan menjadi 1,1 juta, sedangkan ketua KPPS dari semula 550 ribu rupiah, dinaikan menjadi 1,2 juta rupiah.

Dengan dinaikkannya honor untuk para anggota KPPS hingga 100 persen, diharapkan dapat memotivasi para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara, agar bekerja secara profesional untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024. 

 BACA JUGA:Punya Hak Pilih, Eks Napi Terorisme Di Tasikmalaya Siap Sukseskan Pemilu 2024

Simak selengkapnya dalam berita video berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: