Kampung Melon Hidroponik Berbasis Teknologi, Mampu Raup Cuan Hingga Puluhan Juta Rupiah

Kampung Melon Hidroponik Berbasis Teknologi, Mampu Raup Cuan Hingga Puluhan Juta Rupiah

Foto: Sukirman--

RADAR TASIK TV - Green House melon hidroponik di Desa Kujangsari Kecamatan Langensari ini diinisiasi kaum milenial dengan memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai sejak tahun lalu. Hasilnya luar biasa, ratusan buah melon berwarna kuning ini sudah siap dipanen.

Elan Maulana adalah salah seorang petani millenial penggerak budidaya melon berkonsep hidroponik ini. Didukung pembiayaan dari salah satu yayasan pengelola zakat.

Kelompok tani yang dipimpin Elan maulana ini berhasil membudidayakan buah melon hidroponik.

Sedikitnya, ada 4 jenis melon yang sudah berhasil dibudidayakan di Greenhouse ini, diantaranya melon jenis Honey Globe, Sweat, Golden dan Intanon.

Dalam sekali panen, kelompok tani millenial ini bisa menghasilkan minimal satu kuintal melon, dan meraup cuan lebih dari 20 juta rupiah.

Kini Greenhouse melon ini dikenal sebagai kampung melon Langensari, karena terletak di Kecamatan Langensari Kota Banjar.

Kebun melon hidroponik ini juga menjadi wisata edukasi bagi anak-anak yang ingin mengetahui jenis buah melon, dan cara menanam dengan metode hidroponik berbasis teknologi.

Warga banjar pun mengapresiasi semangat petani milenial Desa Kujangsari yang mampu mengembangkan potensi lokal dengan budidaya melon ini.

Setelah berhasil mengembangkan Greenhouse melon pertama, kelompok tani millenial Kujangsari ini mulai mengembangkan Greenhouse kedua, dengan menanam 12 jenis varietas bibit melon hidroponik berbasis teknologi.

Salah satu varietas buah melon yang termahal adalah jenis Crown asal Jepang, yang kabarnya bisa mencapai 2 juta rupiah per kilogram.

Perawatan ratusan tanaman melon ini dilakukan dengan cara penyiraman air secara otomatis menggunakan timer, pada media tanam cocopit.

Selain efektif dan efisien, hasil buah melonnya pun terbukti berkualitas. Ditanam dengan konsep hidroponik di ruang tertutup, dinilai bisa meminimalisir tanaman melon terserang hama saat musim hujan.

Dengan rasa manis dan tekstur yang renyah, buah melon hidroponik ini banyak diburu masyarakat saat panen tiba.

Pengunjung kampung melon langensari pun bisa menikmati langsung buah melon yang segar dan manis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: