Unik, Petugas Gunakan Botol Kaca Untuk Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Unik, Petugas Gunakan Botol Kaca Untuk Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Foto: Fajar Rifaldi--

RADAR TASIK TV - KPU Kabupaten Tasikmalaya, baru melaksanakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu 2024, yang berlokasi di gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya, pada Selasa 9 Januari 2024.

Setidaknya sebanyak 780 petugas yang terdiri dari pria dan wanita dilibatkan dalam proses sorlip, nantinya mereka akan bekerja 24 jam dengan metode shift selama 10 hari kedepan.

Uniknya, para peserta menggunakan berbagai macam alat untuk melakukan penyortiran dan pelipatan, ada yang menggunakan pipa paralon, botol kaca bekas minuman, hingga menggunakan tumbler.

Salah satu petugas sorlip bernama Gufron asal Kecamatan Mangunreja menuturkan, dirinya sengaja menggunakan botol kaca untuk membantu proses pelipatan, karena tekstur kaca dianggap licin dan memudahkan pekerjaan.

Meskipun pekerjaan jadi mudah, namun dirinya mengaku sempat mengalami kesulitan di awal proses pelipatan, namun setelah melihat proses yang dicontohkan oleh KPU, dirinya mulai memahami.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami mengatakan, dirinya dan pihak KPU tidak mempermasalahkan para petugas yang menggunakan alat apapun untuk proses sorlip. Khusus yang menggunakan botol kaca atau jenis lainnya, Ami menyebut boleh selama botol tersebut dalam keadaan bersih dan sudah tidak ada air didalamnya.

Sebelumnya KPU menargetkan pelaksanaan sorlip di Kabupaten Tasikmalaya, bisa rampung dalam waktu 10 hari. Ami juga menyebutkan pada hari yang sama surat suara untuk pilpres dan DPD-RI baru saja tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Tasikmalaya.

 BACA JUGA:Bawaslu Kotq Banjar Pastikan Keamanan Surat Suara Jelang Pemilu, Ini Langkah yang Dilakukan...

Simak selengkapnya dalam berita video berita ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: