Waspada Penipuan Modus File Apk Di Whatsapp, Cepat Lakukan Ini Jika Terlanjur Klik

Waspada Penipuan Modus File Apk Di Whatsapp, Cepat Lakukan Ini Jika Terlanjur Klik

Penipuan Modus File Apk Di Whatsapp, Ilustrasi : Freepik--

Apk atau Android Package Kit sebenarnya adalah format file yang digunakan untuk menginstal aplikasi di sistem operasi Android. Tapi, kalau di tangan yang salah, file APK ini bisa menjadi senjata ampuh bagi para penipu.

Malware yang terkandung di dalamnya bisa merusak data pribadi, mengakses informasi sensitif, atau bahkan mengendalikan perangkat kita tanpa sepengetahuan.

Langkah Cepat Jika Sudah Terlanjur Klik

Terlanjur mengklik file APK yang mencurigakan? Tenang, jangan panik dulu. Ada beberapa langkah cepat dan sederhana yang bisa diambil untuk meminimalkan risiko yang mungkin timbul.

1. Disconnect Internet

Langkah pertama yang perlu dilakukan setelah terlanjur mengunduh file APK yang mencurigakan adalah mematikan koneksi internet perangkat secepat mungkin.

Dengan menghentikan akses internet, kamu dapat mencegah pelaku untuk terus mengontrol atau mengakses data pribadimu secara daring.

BACA JUGA:Deretan Link Untuk Mencari Lowongan Kerja 2024, Lengkap Dengan Tips Cepat Dapat Kerja

2. Bersihkan Data dan Cache Aplikasi Bodong

Langkah selanjutnya adalah membersihkan data dan cache dari aplikasi bodong yang mungkin telah terinstal.

Tujuannya adalah menghilangkan jejak yang dapat memberikan akses tak sah ke informasi penting di perangkatmu. Beberapa perangkat memiliki fitur bawaan untuk membersihkan data dan cache aplikasi dengan mudah.

3. Hapus Aplikasi Bodong

Tak ada salahnya untuk segera menghapus aplikasi bodong yang telah terpasang di perangkatmu.

Meskipun dampaknya belum jelas, menghapus aplikasi tersebut dapat membantu mengurangi risiko penipuan atau pencurian data. Caranya, masuk ke pengaturan perangkat, pilih aplikasi, dan hapus aplikasi yang mencurigakan.

4. Ganti Informasi Keamanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: