Sering Merasa Minder? Lakukan Kebiasaan ini Agar Bisa Tampil Lebih Percaya Diri

Sering Merasa Minder? Lakukan Kebiasaan ini Agar Bisa Tampil Lebih Percaya Diri

Kebiasaan Yang Bisa Tingkatkan Percaya Diri--

Sering Merasa Minder? Lakukan Kebiasaan ini Agar Bisa Tampil Lebih Percaya Diri

RADAR TASIK TV - Sifat yang harus dimiliki seseorang agar terlihat lebih menonjol adalah percaya diri. Jika kamu merasa percaya diri, maka kamu bisa menciptakan lingkungan yang positif bagi diri sendiri dan sekitar mu.

Namun, tak banyak orang yang memiliki rasa percaya diri karena kekurangannya atau merasa minder kepada orang lain. Biasanya hal tersebut menyebabkan diri menjadi insecure dan tidak mau berbaur dengan orang lain.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus membangun rasa percaya diri dengan membiasakan kebiasaan-kebiasaan berikut.

1. Menerima kekurangan diri sendiri

Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jangan menjadikan ketidakmampuan sebagai alasan untuk tidak mempunyai rasa percaya diri.

Justru, menerima kekurangan diri sendiri bisa mendorong rasa percaya diri. Selain itu, kamu juga harus sering intropeksi dan membenahi diri.

Menurut Psikolog Iswan, orang yang percaya diri akan mengambil keputusan berdasarkan pelajaran-pelajaran yang didapatkan dari proses sebelumnya.

BACA JUGA:Apakah Seluruh Orang Islam Akan Masuk Surga? Begini Penjelasan Para Ulama

BACA JUGA:10 Rahasia Menghadapi Musibah Dengan Tenang, Dijamin Beban Terasa Ringan

2. Mengembangkan kelebihan diri sendiri

Mengembangkan kelebihan diri sendiri merupakan langkah penting untuk membangun rasa percaya diri yang sehat. Jika kamu hanya berfokus pada kekurangan diri, kelebihan diri kamu perlahan akan tertutupi.   Lebih baik kamu berfokus pada kelebihan diri dan mengembangkannya. Lakukan hal yang dapat mendorong kelebihan mu untuk terus berkembang.

3. Menjaga Penampilan

Penampilan memang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Jika kamu mengenakan pakaian rapi, berdandan, memakai minyak wangi, itu akan menumbuhkan rasa percaya diri.

Namun, rasa percaya diri jangan hanya bergantung pada penampilan fisik. Perhatikan juga hal lain yang dapat membuat dirimu merasa lebih percaya diri.

4. Akui Kesalahan yang diperbuat

Melakukan kesalahan bukanlah akhir dari segalanya. Setiap orang memiliki tindakan yang berbeda untuk menghadapi kesalahan.

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan menghadapi kesalahan dengan rasa tanggung jawab, mengakui, dan belajar dari kesalahan yang diperbuat.

5. Berani Mengatakan Tidak

Menolak atau mengatakan tidak memang hal yang tidak mudah bagi orang yang tidak memiliki rasa percaya diri. Tidak berani menolak biasanya karena takut tidak disukai atau ditemani.

Akibatnya, hal tersebut memunculkan keraguan pada diri sendiri.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kamu harus belajar untuk menolak atau berkata tidak.

Jika kamu terbisa belajar untuk berkata tidak, hal itu perlahan akan membangun rasa percaya diri dan menghilangkan keraguan pada diri sendiri. Bahkan, kamu tidak akan berpikir untuk dijauhi karena berkata tidak.

BACA JUGA:Jangan Terlalu Lama Galau! 10 Cara Upgrade Diri, Biar Mantan Menyesal

6. Memiliki Lingkungan yang Positif

Lingkungan yang positif menjadi hal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Menurut National Health Service UK, ada baiknya untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang positif dan lebih menghargai.

Karena, lingkungan yang baik akan menyampaikan kritik saran yang membangun. Selain itu, mereka juga akan mendukung hal-hal yang dapat membuat dirimu merasa percaya diri.

Oleh karena itu, penting memiliki teman yang positif untuk selalu mendukung dan meningkatkan rasa percaya diri.

7. Tidak sembarangan menilai orang lain

Menilai orang lain tidak akan membuat dirimu terlihat lebih baik. Belajarlah untuk mengurangi kebiasaan buruk dengan sembarangan menilai orang lain hanya karena hal yang belum tentu benar.

Biasakan juga menghentikan diri sendiri jika sudah mulai berasumsi hal buruk kepada orang lain. Lebih baik kamu mencari tahu dan kenali orang lain dengan baik, maka rasa percaya dirimu akan ikut meningkat.

BACA JUGA:Deretan Mobil Sedan Rp 50 Jutaan, Masih Cukup Keren Buat Diajak Nongkrong

8. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi, jika kamu merasa tidak percaya diri karena selalu membandingkan diri dengan orang lain lebih baik tinggalkan kebiasaan tersebut.

Membandingkan diri dengan orang lain biasanya menimbulkan sifat iri, minder, insecure. Hal ini dapat membuat dirimu merasa buruk.

Jika kamu merasa iri kepada orang lain, lebih baik kamu ingat dengan kelebihan dan belajar menjadi lebih baik.

Karena percaya diri merupakan hal yang penting, sebaiknya kamu membiasakan kebiasaan-kebiasaan di atas setiap hari. Karena dengan rasa percaya diri, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau.

Kamu tidak akan merasa berat dan merasa bersalah jika melakukan suatu pekerjaan. Yuk, mulai sekarang tingkatkan rasa percaya dirimu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: