Pecinta Kopi Wajib Baca Ini, Ternyata Ada 7 Khasiat Tak Terduga Dari Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Yuk Simak!

Pecinta Kopi Wajib Baca Ini, Ternyata Ada 7 Khasiat Tak Terduga Dari Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Yuk Simak!

Pecinta Kopi Wajib Baca Ini, Ternyata Ada 7 Khasiat Tak Terduga Dari Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Yuk Simak!. Ilustrasi Creative by Kartika--

Pecinta Kopi Wajib Baca Ini, Ternyata Ada 7 Khasiat Tak Terduga Dari Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Yuk Simak

 

RADAR TASIK TV – Menurut data, Penikmat kopi hitam tanpa gula di Indonesia setiiap tahun terus meningkat, hal itu disebabkan karena menyadari jika mengkonsumsi kopi tanpa gula ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh.

Banyak macam macam khasiat tak terduga dari minum kopi hitam tanpa gula yang dapat kamu rasakan mulai dari kesehatan kulit, otak, juga bagi kesehatan tubuh.

Manfaat yang berdampak baik ini diperoleh dari kandungan kafein dalam kopi hitam.

Berikut Manfaat Konsumsu Kopi Hitam Tanpa Gula:

BACA JUGA:Stop Buang Ampas Kopi, Manfaatkan Ampas Kopi Untuk Perawatan Kulit, Begini Caranya

BACA JUGA:Rahasia Racikan Kopi Untuk Menurunkan Berat Badan, Lakukan 3 Langkah Ini Agar Hasilnya Maksimal

 

1. Melindungi kulit agar tetap sehat

Tahukah kamu? minum kopi hitam dapat berdampak baik bagi kesehatan kulit kamu. Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini terutama penuaan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Masih dalam sebuah riset yang sama juga disebutkan bahwa kafein berpotensi melindungi kulit dari risiko penyakit kulit. Manfaat kafein bagi kulit dapat diperoleh selama kafein yang dikonsumsi dalam batas aman setiap harinya.

2. Berpotensi mengurangi risiko diabetes

Dalam salah satu kajian disebutkan bahwa mengonsumsi kopi hitam dapat mengurangi risiko diabetes.

Secara spesifik dalam kajian ini disebutkan bahwa kebiasaan meminum kopi hitam tanpa gula dapat berpeluang menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan kafein mencegah kerusakan fungsi hati dan sel beta pankreas yang bertugas pemproduksi insulin hingga dapat menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal.

Namun kajian ini masih memerlukan lebih banyak riset yang lebih mendalam.

3. Meningkatkan kesehatan hati

Manfaat lain dari minum kopi hitam tanpa gula yaitu bisa menjaga kesehatan hati. Hal ini dibahas dalam sebuah penelitian yang membahas tentang pemeriksaan kesehatan organ hati orang yang mengonsumsi kopi dan yang tidak.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahkan orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit hati berlemak non alkohol (NAFLD).

Pada saat yang sama juga juga risiko fibrosis hati pada pasien yang mengalami NAFLD juga dapat menurun. Adapun fibrosis hati adalah fungsi hati yang menurun karena meningkatnya jaringan parut dalam hati.

4. Membantu meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa menonsumsi kafein dapat berdampak baik bagi memori baik jangka pendek dan memori jangka panjang.

Selain dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa orang yang kebiasaan mengonsumsi kafein memiliki reaksi yang cepat juga signifikan.

Ini artinya kafein dapat membuat seseorang dapat menangkap serta memproses informasi dengan lebih cepat.

5. Bisa menurunkan berat badan

Dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition disebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan, indeks massa tubuh dan massa lemak yang ada pada tubuh.

Hal ini disebutkan karena kafein memiliki kontribusi dalam meningkatkan pengeluaran energi juga meningkatkan efek termogenesis. Yaitu efek yang menyebabkan tubuh memakai lebih banyak kalori yang ada di dalam tubuh tersebut.

BACA JUGA:Tips Minum Kopi Agar Tetap Sehat, Serta Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi Lengkap di Sini

BACA JUGA:Bubuk Kopi Penghilang Bau Kaki, Begini Cara Menggunakannya Agar Lebih Efektif

 

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Dalam sebuah jurnal Progress in Cardiovascular Disease disebutkan bahwa mengonsumsi kopi dapat mencegah penyakit kronis.

Mengonsumsi kopi juga dapat menguraki risiko kematian karena penyakit jantung.

Hal ini juga termasuk dalam menurunkan risiko penyakit jantung, koroner, gagal jantung, juga stroke.

7. Meningkatkan kinerja fisik

Kebiasaan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula juga dapat meningkatkan kinerja fisik. Khususnya saat melakukan aktivitas intens seperti olahraga.

Peningkatan fisik ini termasuk pada kekuatan serta ketahanan tubuh. Hal ini dapat berdampak pada orang yang sudah terbiasa berolahraga maupun yang tidak.

Efek ini bisa didapatkan apabila kamu mengonsumsi setidaknya 3-6 mg kafein per k berat badan. Seperti contoh bila berat badan kamu 65 kg maka setidaknya kafein yang kamu butuhkan agar memperoleh efek tersebut adalah sekitar 195-390 mg kafein.

BACA JUGA:Masker Kopi Untuk Kesehatan Wajah, Lengkap Dengan Cara Membuatnya

BACA JUGA:Cara Membedakan Kopi Robusta Dan Arabika, Penggemar Kopi Wajib Tau

Namun, saran untuk mengonsumsi kafein yang aman bagi tubuh orang dewasa ialah tidak lebih dari 400mg per hari. Dalam setiap 1 cangkir kopi berukuran 235ml terdapat sekitar 96mg kafein. Itu berarti dalam mengonsumsi kopi hitam tidak dianjurkan melebihi 4 gelas setiap harinya.

Lalu untuk mendapatkan khasiat dari kopi hitam ini yaitu dengan mengonsumsinya tanpa gula. Ini karena kandungan gula dalam kopi akan meninkatkan asupan gula harian yang justru dapat beresiko buruk bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: