40 Hari Rutin Tahajud, Ini yang Akan Terjadi Pada Kehidupan Kita, Banyak Keajaiban Akan Terjadi

40 Hari Rutin Tahajud, Ini yang Akan Terjadi Pada Kehidupan Kita, Banyak Keajaiban Akan Terjadi

40 Hari Rutin Tahajud, Ini yang Akan Terjadi Pada Kehidupan Kita, Banyak Keajaiban Akan Terjadi. Ilustrasi by Kartika--

40 Hari Rutin Tahajud, Ini yang Akan Terjadi Pada Kehidupan Kita, Banyak Keajaiban Akan Terjadi

 

RADAR TASIK TV – Sholat Tahajud ialah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah waktu sholat isya hingga menjelang waktu sholat subuh. Sholat tahajud seringkali disebut sebagai sholat malam, sholat ini ialah sebaik baiknya sholat sunah setelah sholat fardhu.

Sholat tahajud juga merupakan sholat yang paling utama dapat menuntun seseorang menuju Surga.

Sholat ini sangat dianjurkan untuk dipraktekan secara rutin karena dapat mendatangkan banyak manfaat baik itu spiritual ataupun manfaat pada kesehatan.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Ustadz Hilman Fauzi dalam salah satu kajiannya memberikan testimoni manfaat melaksanakan sholat tahajud rutin selama 40 hari tanpa putus.

BACA JUGA:Penting Untuk Diketahui, Ini Tata Cara dan Doa Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Ustadz Abdul Somad

BACA JUGA:Sederet Keutamaan Dan Pahala Sholat Tahajud, Lengkap Dengan Bacaan Dan Doanya

Banyak keajaiban luar biasa yang terjadi dalam hidupnya. Ia mengatakan bahwa ujian hidup yang dirasakan sepert merasakan hidup serba kekurangan itu karena ia tidak ikhlas akan hidupnya. Dengan sholat tahajud semua berubah menjadi lebih baik.

Sholat tahajud memiliki kedudukan dibawah sholat wajib 5 waktu, hal ini seperti yang disebutkan dalam hadist riwayat Muslim :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ. قَالَ: سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ . (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dan ia marfu'kan kepada Nabi Muhammad SAW, ia berkata, "Nabi Muhammad SAW ditanya sholat apa yang paling utama setelah sholat maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadan?" Lalu, Nabi Muhammad SAW menjawab, "Sholat paling utama setelah sholat maktubah adalah sholat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadan adalah puasa bulan Allah, Muharam," (HR Muslim)

Syarat utama dari mengerjakan sholat in hanyalah harus dikerjakan setelah tidur walau tidurnya hanya sebentar. Seperti yang diriwayatkan dalam hadist dibawah ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

Keutamaan Sholat Tahajud

BACA JUGA:Bacaan Niat Salat Tahajud Lengkap Dengan Tata Caranya

BACA JUGA:Buka Puasa Jangan Langsung Makan, Ternyata Ada Jatah Doa yang Mustajab, Ini Penjelasannya

Pada kehidupan sehari-hari, sholat tahajud dapat membantu untuk mengatasi masalah serta rintangan yang kita hadapi baik masalah pada kesehatan, pekerjaan, atau pun masalah pada hubungan.

Sholat tahajud juga dapat memberi kekuatan spiritual dan  juga mental yang diperlukan agar dapat menghadapi masalah tersebut.

Dengan menjalankan sholat tahajud secara rutin kita dapat menemukan solusi yang tepat. Keutamaan sholat tahajud juga diperjelas dalam surah Al Isra ayat 79 yang berbunyi

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودً

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah tambahan bagimu) mudah mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Ini artinya sholat tahajud dapat mengangkat derajat orang yang melaksanakannya.

Selain itu sholat tajahud sebaiknya dilaksanakan di tengah atau sepertiga malam yang akhir dikarenakan pada waktu ini merupakan waktu yang mustajab dalam berdoa. Seperti sebagaimana dalil yang berbunyi:

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Wanti-wanti Jangan Lewatkan Amalan Ini Saat Sahur, Waktu Mustajab Untuk Berdoa

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 3 Waktu Berdoa Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni," (HR Bukhari dan Muslim).

Sebetulnya tidak ada dalil yang langsung menganjurkan untuk melakukan sholat tahajud selama 40 hari berturut turut.

Namun begitu hal ini dilakukan untuk menciptakan kebiasaa baik agar dapat istiqomah membiasakan pengalaman sholat tahajud setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: