Peci Berbahan Dasar Kulit Kayu Lantung Banyak Peminat, Manfaatkan Limbah Menjadi Rupiah

Peci Berbahan Dasar Kulit Kayu Lantung Banyak Peminat, Manfaatkan Limbah Menjadi Rupiah

Peci Berbahan Dasar Kulit Kayu Lantung Banyak Peminat, Manfaatkan Limbah Menjadi Rupiah - Fajar--

RADAR TASIK TV - Berawal dari pemanfaatan limbah kayu bekas kerajinan, dibuat menjadi peci dengan berbagai motif.

Kini produk peci dengan bahan baku kayu telah menjadi produk khas dari kampung Sukaruas desa Sukaraja kecamatan Rajapolah kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya peci hanya diproduksi terbatas untuk sovenir saja, namun sekarang peci khas Sukaruas ini, sudah banyak di pesan dari berbagai daerah di indonesia.

Dengan berbahan kayu lantung yang memiliki kelenturan dan keawetan yang lama, membuat produk peci ini bisa diterima oleh pasar.

Sebelum menjadi sebuah peci, kulit kayu lantung akan di bersihkan dan dijemur terlebih dahulu, setelah kering, kulit kayu mulai di beri pola sesuai ukuran. Dilanjutkan dengan proses pemotongan dan penjahitan, yang dilakukan secara manual. 

Setelah dijahit, peci akan diberikan motif terlebih dahulu, seperti motif pedang dan motif bentuk ketupat. Setelah selesai diberikan motif, peci masuk ada tahapan pengemasan menggunakan plastik, dan peci pun siap dijual.

Salah seorang pengrajin peci, Endang Sutisna menyebutkan, saat ini dikampung tersebut sudah ada empat orang pengrajin peci, Endang juga bercerita bahwa peci ini bermula dari keresahan karena banyak limbah kayu bekas dari produksi kerajinan dan tas.

Akhirnya para warga berpikir untuk berkreasi membuat sebuah peci, dengan berbahan limbah kayu tersebut. 

Menurut Endang untuk proses pengawetannya sendiri dirinya tidak menggunakan bahan apapun, karena pada dasarnya sifat asli dari kayu lantung sendiri yang sudah awet.

Adapun untuk harga sendiri, peci kulit kayu ini dibanderol dengan harga 75 ribu per buahnya. Untuk pesanan peci sendiri selama bulan ramadhan ini meningkat, pada hari ke 15 ini saja sudah ada sekitar 500 pesanan dari berbagai daerah yang masuk.

Selain memproduksi peci, Endang di rumah produksinya yang bernama bintang sejahtera abadi, juga memproduksi sejumlah kerjaninan lainnya seperti tas, keranjang hingga dompet, bahkan untuk dompet sendiri endang telah bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk pengadaan dompet souvenir.

BACA JUGA:Manis Dingin dan Segar Es Coklat Cincau, Cocok Buat Ide Jualan Dijamin Laris Manis Hasilkan Cuan

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: