3 Waktu Utama Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Rincian Waktunya

3 Waktu Utama Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Rincian Waktunya

3 Waktu Utama Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan- Ilustrasi Ima Hilmayanti--

Selain itu, saat sahur juga merupakan waktu di mana seseorang menyiapkan diri untuk menunaikan ibadah puasa seharian penuh, sehingga doa-doa yang dipanjatkan di saat tersebut diharapkan mendapat perhatian khusus dari Allah SWT.

BACA JUGA:Mau Doa Dikabulkan Dengan Cara Ajaib? Ustadz Hanan Attaki Sarankan Baca Ini Dalam Doa

BACA JUGA:Bukan di Sepertiga malam, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Waktu Terbaik Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan 2024

Dalil Al-Quran dan Hadis:

Allah SWT berfirman, “Dan makan minumlah sampai terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Q.S. Al-Baqarah: 187)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya melimpahkan rahmat kepada orang-orang yang sahur.” (HR. At-Tirmidzi)

2. Saat Berpuasa

Waktu yang penuh berkah selanjutnya adalah saat seseorang sedang berpuasa. Ketika seseorang menahan lapar, haus, dan hawa nafsunya untuk taat kepada perintah Allah SWT, doanya memiliki bobot yang lebih besar di hadapan-Nya.

Saat berpuasa, seseorang berada dalam keadaan yang membutuhkan pertolongan dan rahmat Allah SWT. Karena itu, doa-doa yang dipanjatkan di saat tersebut adalah ungkapan kesungguhan dan ketergantungan kepada Allah.

Ketika seseorang menunjukkan kesabaran dan keteguhan dalam menjalankan ibadah puasa, Allah akan lebih memperhatikan doanya dan memberikan berkah serta rahmat-Nya.

Dalil Al-Quran dan Hadis:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tiga golongan tidak akan ditolak doanya, yaitu orang yang berpuasa hingga berbuka (orang yang berpuasa), pemimpin yang adil, dan doa orang yang teraniaya.” (HR. Ahmad)

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah: 183)

3. Ketika Berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa juga merupakan waktu yang istimewa di bulan Ramadan. Ketika seseorang bersiap-siap untuk mengakhiri puasanya, doa-doa yang dipanjatkan memiliki kekuatan luar biasa untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: