PLN UPT Cirebon ULTG Ciamis Gelar Simulasi Tanggap Darurat Jaga Objek Vital

PLN UPT Cirebon ULTG Ciamis Gelar Simulasi Tanggap Darurat Jaga Objek Vital

PLN UPT Cirebon ULTG Ciamis Gelar Simulasi Tanggap Darurat, Kesiapan Semua Pihak Dalam Menjaga Objek Vital Nasional - Hasbi--

RADAR TASIK TV - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa bagian Tengah, Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Ciamis, melaksanakan kegiatan simulasi tanggap darurat, di Gitet Tasikmalaya, Kamis siang.

Simulasi dilaksanakan mulai dari penanganan huru hara, bagiamana pengamanan Gitet merespon adanya demonstrasi sejumlah warga.

Kemudian dikoordinasikan dengan TNI-Polri seperti Polsek dan Koramil setempat untuk pengamanan. Sehingga audiensi bisa berjalan lancar dan damai.

Kemudian simulasi dilanjutkan dengan penanganan dugaan bom atau barang berbahaya. Diceritakan ada orang yang menaruh barang mencurigakan, pihak pengamanan berkoordinasi dengan Kepolisian dan Babinsa setempat untuk mengamankan. Pengamanan dilanjutkan oleh tim khusus dari pihak Kepolisian.

Selain itu petugas PLN dan Satpam juga diajarkan bagaimana memadamkan api, ketika terjadi kebakaran. Mereka diajarkan bagaimana memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) alat pemadam api besar (APAB) dan alat pemadam api tradisional (APAT). Hal ini menjadi penting karena pemadaman awal jadi kunci utama penanganan kebakaran.

BACA JUGA:Putra BJ Habibie Maju di Pilkada Jawa Barat 2024, Dapat Rekomendasi dari Partai Nasdem

BACA JUGA:Makeup Mulus Bebas Flek Hitam Ini Dia Rekomendasi Alas Bedak Terbaik Solusi Tampilan Makeup yang Sempurna

Jika terjadi kebakaran besar yang tidak bisa dipadamkan secara mandiri, pihak PLN menghubungi pemadam kebakaran Kota Tasikmalaya untuk membantu memadamkan api di lokasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan P3K, apabila terjadi kecelakaan kerja atau pun dampak dari kejadian darurat yang terjadi sebelumnya

Hal ini menjadi penting karena menyelamatkan korban, setiap detiknya sangat berharga, terutama pada pertolongan pertama.

Manager PLN ULTG Ciamis UPT Cirebon, Waski Bastaman menuturkan, terdapat prosedur khusus dalam pengelolaan Gitet, sehingga sebagai objek vital nasional, perlu dijaga dengan baik. Salah satunya melalui kegiatan simulasi tanggap darurat.

"Ada prosedur khusus pengelolaan Gitet ini salah satunya simulasi tanggap darurat. Meskipun kita tidak mengharapkan terjadi, namun kita harus melakukan langkah antisipasi dan sebagai bentuk kesiapan kita dalam mengamankan objek vital nasional." ujar Waski.

BACA JUGA:Talaga Denuh, Camping Alam Unik dan Hidden Gem di Tasikmalaya Dengan Segudang Misteri dan Situs Sejarah

BACA JUGA:Satu Rekor Lagi David da Silva di Persib Bandung, Diikuti Ciro Alves dan Nick Kuipers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: